Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Thursday, May 19, 2016

15 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Yoga

Setidakny ada 15 alasan mengapa Anda harus melakukan yoga sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab lain persoalan dan tujuan, maka kemungkinan besar yoga yang harus Anda lakukan pun akan berbeda. Untuk itu, berikut ini merupakan 15 alasan dimaksud.

pose Virasana

1# Khawatir osteoporosis di usia tua
Meski perempuan lebih berisiko mengalami osteoporosis utamanya di usia senja, laki-laki juga mempunyai risiko yang sama. Karenanya, mencegah lebih baik daripada mengobati dan salah satu yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pencegahan ialah dengan cara melakukan yoga secara teratur mulai sekarang. Hal ini disebabkan karena osteoporis adalah gangguan kesehatan yang timbul tanpa gejala. Maka dengan melakukan yoga yang rutin mulai hari ini, Anda berarti telah mengantisipasinya sejak dini penyakit ini.

Adapun beberapa pose Yoga yang sangat direkomendasikan untuk Anda lakukan ialah Virasana, Badda Konasana, Janu Sirsasana, dan Upavistha Konasana. Keempat pose Yoga ini, sama-sama mempunyai manfaat bisa mencegah osteoporosis yang biasanya menyerang seiring dengan bertambahnya usia. Dan dengan melakukan pose-pose yoga ini, diharapkan osteoporosis bisa dicegah dengan baik.

2# Timbul gejala Diabetes
Penyakit gula atau diabetes, bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini disebabkan karena kadar gula dalam darah naik, yaitu melebihi angka 200 mg/dL. Dan gejala timbulnya penyakit ini sulit dikenali karena pada awalnya tidak terlihat seperti ciri atau gejala penyakit berat. Namun demikian, jika Anda mengalami beberapa gejala seperti sering buang air kecil, sering merasa haus, sering lapar, Anda pelu waspada. Sebab, penyakit yang disebabkan meningkatnya gula darah ini sulit disembuhkan namun masih bisa dirawat atau dikendalikan.

3# Kolesterol jahat mulai meningkat
Kolesterol dalam takaran tertentu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika sampai berlebihan, kolesterol dalam darah bisa menjadi sangat berbahaya. Kolesterol yang tinggi, akan membentuk endapan-endapan atau plak yang biasanya menempel pada pembuluh darah sehingga aliran darah tidak tidak normal karena terjadi penyempitah pada arteri (stenosis arteri). Bahkan plak ini bisa menyumbat arteri (oklusi arteri) dan memutuskan aliran darah ke berbagai organ tubuh. Jika plak ini menyumbat arteri, maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Bahkan kondisi ini bisa menghambat peredarah darah menuju ke otak yang bisa menyebabkan strok.

Ketahui gejala kolesterol sejak awal sebagai pencegahan dini sebab jika ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, kolesterol bisa menyebabkan aterosklerosis atau penyumbatan pada arteri sebagaimana di atas. Namun serangan kolesterol ini tidak menimbulkan gejala yang khas sehingga sulit untuk dideteksi. Maksudnya, ketika Anda sedang mengalami kolesterol yang tinggi dalam darah, ini tidak menimbulkan gejala apapun, akibatnya sulit dikenali. Biasanya kondisi kolesterol ini baru diketahui setelah Anda datang ke dokter dengan keluhan penyakit lain yang biasanya diakibatkan oleh kolesterol tinggi ini. Dan dalam kondisi ini biasanya kolesterol sudah sangat tinggi.

Beberapa gejala di atas sulit mendapatkan perhatian sehingga kerap kali diabaikan. Anda baru akan mengetahui dengan pasti atas kondisi ini setelah Anda dinyatakan menderita penyakit jantung koroner atau stroke oleh dokter. Oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan, jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya lakukan yoga supaya plak atau timbunan lemak yang menempel pada arteri bisa dihancurkan. Adapun pose yoga yang direkomendasikan untuk Anda adalah Salamba sarvangasana.

4# Sakit pinggang
Penyebab sakit pinggang ini banyak sekali namun yang paling sering adalah akibat terlalu lama dan sering duduk. Sakit pinggang juga bisa terjadi karena adanya cedera otot (strain) atau ligamen (keseleo). Kondisi berat badan berlebih, cedera yang lebih serius (patah tulang belakang, arthritis, dll), infeksi ginjal, penyakit tulang paget, kehamilan, dan linu panggul.

Sakit pinggang ini harus diatasi dengan baik sebab ini bisa mengganggu aktivitas Anda. Sakit pinggang yang tidak segera diatasi dengan baik, juga bisa menyebabkan berkurangnya kekuatan atau massa otot yang biasanya terjadi pada salah satu atau kedua kaki. Selain itu, sakit pinggang ini juga bisa menyebabkan kelumpuhan. Hal ini biasanya dimulai dari kondisi di mana bagian pinggang tiba-tiba merasa lemah dan mati rasa.

Salah satu cara terapi sakit pinggang yang direkomendasikan adalah melakukan yoga. Ada pun pose Yoga yang bisa Anda pilih sebagai terapi adalah pose Badda konasana. Diketahui pose ini mampu memberikan terapi dengan baik karena bisa memperbaiki masalah-masalah yang terjadi pada pinggang. Pose yoga lainnya yang direkomendasikan adalah Uthita Parsva Konasana karena pose ini dapat menguatkan pinggang. Begitu juga dengan (Uthita) Trikonasana, bisa Anda lakukan sebab pose ini tidak hanya dapat menyeleraskan ruas-ruas tulang punggung dan memberikan pijatan pada saraf tulang punggung dan perut bagian dalam, namun juga memberikan pijatan pada pinggang sehingga sangat baik untuk penderita sakit pinggang.

5# Mudah sakit karena sistem imun menurun
Apakah Anda pernah merasa mudah sakit? Ini sebagai sebuah gejala dari menurunnya sistem imun Anda. Sistem imun sendiri dapat diartikan sebagai sebuah sistem pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit atau infeksi dari mikroorganisme ataupun substansi asing seperti bakteri, jamur, virus parasit dan mikro-organisma lain. Sistem imun ini merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa hal yang didalamnya meliputi sel, jaringan organ tubuh, molekul, tissu, jaringan, dan sel yang melindungi tubuh dari musuh.

Tidak hanya serangan dari luar, sistem imun ini juga dapat melindungi tubuh dari serangan yang berasal dari dalam tubuh. Sistem imun ini mampu membedakan antara self dan non-self, mana sel-sel yang merupakan bagian dari diri Anda dan mana yang bukan. Kemampuan ini sepenuhnya ditentukan oleh sel-sel dalam sistem. Namun jika sistem imun ini sedang dalam masalah sehingga menurun, tentu saja sistem tersebut tidak bisa melakukan tugas-tugasnya dengan baik. Kemampuan-kemampuan seperti di atas tidak bisa ditunjukkan sehingga tubuh sangat rentan terhadap timbulnya berbagai gangguan kesehatan. Begitu juga jika sistem imun Anda terlalu aktif, juga tidak baik karena dapat menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan.

pose Ustrasana

Salah satu pertada sistem kekebalan tubuh Anda tengah menurun adalah Anda mudah sakit. Dalam hal ini, Anda mudah mengalami meriang, demam, batuk, pilek, dan lain sebagainya. Beberapa penyakit yang biasanya timbul akibat sistem imun yang menurun ialah seperti kanker, tumor, stroke, hipertensi, vertigo, ginjal, tyroid, arthritis, dan lain sebagainya.

Untuk itu, supaya sirkulasi sistem imun meningkat bisa meningkat dan Anda juga tidak mudah sakit seperti ini, sangat disarankan untuk melakukan Yoga. Yoga yang dilakukan secara rutin setiap hari mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa pose yoga yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh tersebut ialah Ustrasana, Adho Mukha Svanasana, dan Urdhva Dhanurasana.

6# Tertekan dan stres
Kondisi tertekan dan stres bisa menimpa siapa saja, tidak terkecuali Anda. Hal ini disebabkan karena setiap manusia tidak akan pernah bisa lari dari masalah. Namun demikian, porsi dan level masalah tersebut pada setiap manusia berbeda-beda dan inilah yang mentukan apakah Anda akan merasa tertekan dan stres atau tidak. Masalah yang besar dapat memunculkan beban yang juga besar. Hal ini pada gilirannya membuat manusia merasa tertekan, stres, dan bahkan depresi.

Untuk mengenali apakah Anda sedang stres atau tidak, umumnya Anda hanya merasakan tekanan itu benar-benar nyata di depan Anda sehingga Anda tidak mengetahui pasti apakah kondisi Anda bisa disebut stres atau tidak.

Stres memang harus diatasi dengan segera agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu terapi yang sangat direkomendasikan adalah dengan melakukan terapi yoga. Beberapa pose yoga yang ampu dalam mengatasi stres ini ialah Setubanda Sarvangasana, Baddha Konasana,dan Janu Sirsasana. Ketiga pose ini tidak hanya dapat meredakan stres pikiran namun juga stres tubuh dengan dengan cepat.

7# Gairah seksual menurun
Keharmonisan rumah tangga salah satunya ditentukan oleh kepuasan hubungan seksual. Ketika salah satu dari suami istri merasa kurang mendapatkan kepuasan, biasanya keharmonisan mulai terasa goyah. Hal ini salah satunya kadang kala disebabkan karena menurunnya libido pada salah satu pihak atau bahkan keduanya. Ketika ini terjadi, napsu seks Anda tidak bisa diharapkan karena sekalipun pasangan Anda sedang dalam kondisi bersolek, mempercantik diri, dan bahkan menggoda, Anda tentu saja tidak akan tertarik karena napsu seks Anda sedang anjlok.

Adapun pose yoga yang dapat memberikan efek ini ialah sepertin pos Setu Bandhasana dan Suptha Baddha Konasana. Beberapa pose lainnya yang direkomendasikan adalah pose Anjaneyasana, kobra atau Bhujangsana, Viparita Karani, Upavista Konasana, Kapotasana, Bitilasana, Saithalyasana, Ustra Asana, Marchariasana, Anjaneyasana, dan Mandukasan.

8# Perut buncit
Untuk mengatasi perut buncit Anda, lakukan terapi. Terapi yang direkomendasikan di sini ialah olah tubuh atau fisik yang dalam hal ini ialah yoga. Sebab faktanya, bukan Cuma jogging dan olahraga lainnya yang mampu mengatasi perut buncit ini namun yoga juga sangat ampuh mengatasi masalah ini.

Adapun beberapa pose yoga yang direkomendasikan ialah Bhujangasana. Pose ini di samping dapat mengurangi lemak dalam perut, juga dapat menguatkan dan melenturkan tulang belakang. Selain Bhujangasana, Anda juga bisa melakukan pose Vrksasana sebab asana ini berguna untuk memperkuat dan membentuk kedua sisi perut Anda sehingga sangat membantu untuk mengecilkan perut Anda.
Bhujangasana

Pose lainnya yang mempunyai khasiat hampir sama dalam mengatasi perut buncit ini ialah Adho Mukha Svanasana. Selain masalah perut, pose ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot bahu, serta otot paha dan betis. Padahastasana sangat membantu mengecilkan perut Anda sebab gerakan dalam pose ini bisa membakar lemak yang terdapat dalam perut. Selain itu, Padahastasana juga dapat membuat Anda pintar. Hal ini disebabkan karena gerakan Padahastasana bisa memperlancar pasokan oksigen ke otak sehingga sel-sel dalam otak bisa bekerja lebih aktif.

Adapun beberapa pose lain yang direkomendasikan untuk mengatasi perut buncit Anda di antaranya ialah Marjarasana, Chaturanga Dandasana, Uttanpadasana, Naukasana, Dhanurasana, Pavanamuktasana, Navasana, Uddyiana Bandha, dan lain sebagainya.

9# Sakit punggung
Jika Anda mengalami sakit atau nyeri pada punggung, Anda bisa melakukan beberapa pose yoga. Beberapa gerakan dalam pose yoga, mampu mengatasi sakit punggung ini dengan baik. Namun tentu saja sakit punggung yang Anda derita masih dalam taraf normal alias bukan karena pecah, patah, dan rusaknya ruas tulang punggung. Sebab kondisi ini hanya bisa disembuhkan dengan penanganan medis.

Adapun beberapa pose yoga yang direkomendasikan ialah Padahastasana (meningkatkan kelenturan tulang punggung), Trikonasana (menyeleraskan ruas-ruas tulang punggung dan memijat sarafnya dan meredakan sakit punggung), Virabhadrasana II (menyembuhkan gangguan punggung dan menyelaraskan struktur tulang punggung), Uthita Parsva Konasana (menyelaraskan posisi ruas tulang punggung), dan Ardha Chandrasana (melenturkan tulang punggung bawah dan menyeleraskan struktur tulang punggung).

Pose lainnya adalah Bharadvajasana (melembutkan ketegangan otot punggung dan kelompok otot punggung bawah), Marichiyasana (menyembuhkan sakit punggung dengan cara mengaktifkan otot paraspinal dan otot pengikat sendi pinggul), Suptha Baddha Konasana (meredakan sakit/gangguan pada punggung bagian bawah), Bhujangasana (mencegah dan menyembuhkan sakit punggung kronis),

10# Sedang Hamil
Untuk mengatasi adanya berbagai keluhan pada Anda yang sedang hamil, sebaiknya Anda berlatih dan melakukan yoga secara rutin. Hal ini disebabkan karena yoga bisa melatih otot-otot sehingga bisa mengurangi rasa sakit (seperti sakit punggung dan kaki, kram atau nyeri otot, dan pembengkakan) yang sering kali dirasakan oleh Anda. Selain itu, gerakan yoga yang Anda lakukan juga bisa membantu mencegah dan mengurangi risiko cedera saat melahirkan.

Yoga juga bisa dapat membantu meringankan beban mental yang sering dialami oleh wanita hamil, lebih-lebih pada saat menjelang dan sesudah melahirkan. Hal ini disebabkan karena yoga dapat membuat pikiran menjadi rileks dan lebih tenang di mana yang demikian ini pada gilirannya membuat kondisi emosional lebih stabil. Lebih dari itu, gerakan dalam yoga juga bisa dirasakan oleh bayi yang ada dalam kandungan sebab peregangan tubuh dalam gerakan yoga dapat memberikan efek pijatan terhadap bayi. Bahkan selama Anda melakukan yoga ini, akan tumbuh dan terjalin hubungan emosional yang yang terjadi antara Anda dan calon bayi Anda.

Pose yoga yang direkomendasikan dalam hal ini ialah seperti Baddha Konasana. Sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa pose ini dapat memberikan latihan pada otot-otot yang berhubungan langsung dengan proses kelahiran, bahkan bisa membuatnya lebih kuat dan elastis. Efeknya, tidak hanya akan membuat kehamilan lebih sehat namun juga membantu melancarkan proses persalinan di kemudian hari. Pose Eka Pada Rajakapotasana adalah yoga yang juga sangat baik bagi ibu hamil. Sebab, pose ini dapat meregangkan otot paha, selangkangan, dan punggung. Begitu juga dengan Virabhadrasana II, sangat penting dilakukan saat hamil. Sebab, pose ini dapat menguatkan otot lengan,  kaki, dan abdomen (perut).

11# Kurang subur (infertlitas)
Untuk mengatasi kondisi infertalitas, Anda bisa melakukan yoga pose Paschimottanasana. Pose ini tidak hanya memberikan rangsangan terhadap ovarium dan uterus yang bisa menyebabkan meningkatnya kesuburuan. Lebih dari itu, pose Paschimottanasana juga menstimulasi organ reproduksi baik wanita maupun pria. Selain itu, gerakan yoga ini juga mampu membantu meregangkan beberapa bagian otot punggung bawah, pinggul, dan juga paha bagian belakang.

Selain Paschimottanasana, pose yoga lainnya yang mampu membantu meningkatkan kesuburan adalah pose Janu Sirsasana. Pose ini mampu memperkuat bagian otot punggung bawah, merasa lebih santai dari biasanya, membantu melepaskan rasa tegang pada bagian punggung bawah, dan meregangkan betis dan bagian paha belakang. Begitu juga dengan Badda konasana, juga bisa meningkatkan kesuburan karena mampu meningkatkan fleksibelitas pinggul. Hal ini berkaitan dengan gerakan pose ini yang dapat membantu meregangkan otot-otot pada sekitar paha bagian dalam dan lutut. Bahkan gerakan pose ini juga dapat meregangkan alat kelamin wanita.

Pose lainnya adalah Viparita Karani. Pose ini dapat menenangkan sistem saraf dan melancarkan aliran darah, termasuk pada daerah panggul. Bahkan pose ini juga mampu meningkatkan kesuburan dengan cara meningkatkan kemungkinan pembuahan. Dan berbeda dengan pose lainnya yang bisa dilakukan kapan saja sepanjang dilakukan dengan rutin, Viparita Karani ini sangat dianjurkan untuk dilakukan setelah berhubungan seks. Sebab, gerakan Viparita Karani ini dapat memberikan manfaat langsung dalam pembuahan.

Adapun pose lain yang direkomendasikan dalam upaya meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita ialah pose Hastapadasana dan Dvipada pitham. Pose lainnya yang dapat Anda pilih untuk dilakukan ialah Apanasana dan Uttanasana.

12# Hipertensi Jika pertensi tidak segera diobati, tekanannya bisa lebih meningkat lagi sehingga kondisinya juga meingkat hingga pada level berat. Pun hipertensi level ini mempunya beberapa gejala yang berbeda. Beberapa yang biasanya timbul ialah seperti timbul sakit kepala, kelelahan, mual, muntah. Gejala lainnya yang menunjukkan hipertensi tersebut ialah sesak napas, gelisah, pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal.  Hipertensi berat ini juga bisa menimbulkan penurunan kesadaran dan bahkan hingga koma. Hal ini disebabkan karena tekanan darah yang tinggi ini dapat menyebabkan pembengkakan pada otak sehingga kerap kali menyebabkan hilangnya kesadaran pada penderita.

Yoga adalah jenis olahraga yang sangat penting Anda lakukan untuk menurunkan tekanand arah Anda. Sebab, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa yoga sangat ampuh dalam mengatasi hipertensi. Keampuan yoga ini terutama terjadi pada Anda yang sudah menderita tekanan darah tinggi ini pada tingkatan ringan dan sedang. Dalam berbagai penelitian juga banyak yang mengatakan bahwa yoga yang dikakukan dengan rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik, yaitu pada minggu ke 12 (3 bulan). Sedangkan untuk tekanan darah sistolik dan diastolik, yoga dapat menurunkan keduanya pada minggu ke 24.

Yoga memang sangat ampuh dalam mengatasi hipertensi sebab yoga memiliki efek ke dalam ekspresi dari gen sel-sel imunitas seseorang. Hal ini menunjukkan bahwa yoga sangat bagus sebagai terapi hipertensi karena bisa mempengaruhi dan memiliki efek ke dalam gen seseorang.

Adapun pose yoga yang sangat cocok untuk Anda lakukan ialah Suptha Baddha Konasana dan Prasarita padotanasana. Kedua pose ini, sama-sama mempunyai manfaat untuk mestabilkan tekanan darah. Pose lain yang dapat Anda lakukan adalah Janu Sirsana. Pose ini mampu melepaskan stres yang menjadi salah satu pemicu melonjaknya tekanan darah sehingga dengan melakukan Janu Sirsana ini dengan rutin, tekanan darah Anda bisa kembali ke level normal.

13# Susah tidurCara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah susah tidur melakulan Yoga. Sejauh ini, yoga diyakini oleh banyak kalangan sebagai salah satu olah raga yang mampu menyembuhkan gangguan tidur ini karena bisa menenangkan dan menghilangkan ketegangan. Hal ini disebabkan karena pose-pose yoga mampu mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik. Sistem saraf ini tidak hanya mempunyai dapat menetralisir stres namun secara signifikan juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Adapun beberapa pose yoga dimaksud ialah sebagai berikut.

Pose yoga pertama yang mempunyai manfaat mengatasi insomnia adalah Viparita Karani. Pose ini bisa memperbaharui dan mengembalikan energi positif dalam tubuh. Bahkan dengan melakukan pose ini secara teratur, peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Pose yoga lainnya adalah Supta Baddha Konasana. Pose ini dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur Anda sehingga Anda bisa cepat tidur dan lebih nyenyak.

Adapun pose lain yang sangat direkomendasikan jika Anda terserang insomnia ialah seperti Balasana. Pose ini juga mampu menenangkan pikiran dan menghilangkan ketegangan dalam tubuh. Uttanasana adalah pose lain yang diketahui sangat ampuh dalam mengatasi insomnia. Bahkan yoga ini juga mampu meredakan sakit kepala dan menghilangkan stres. Beberapa pose yoga lainnya ialah seperti Savasana dan Sukhasana.

14# Sakit kepala Jangan abaikan sakit kepala ini karena bisa jadi itu pertanda sedang terjadi sesuatu dalam tubuh Anda. Karenanya, ketika Anda merasakan sakit kepala, segera lakukan pengobatan atay terapi. Yoga pun dapat Anda jadikan pilihan untuk mengatasi keluhan tersebut karena yoga memang sangat ampuh dalam mengatasi sakit kepala. Namun tentu saja, sakit kepala yang dimaksud bukanlah sakit kepala sekunder.

Adapun beberapa pose yoga yang mempunyai manfaat untuk mengatasi sakit kepa ialah Supta Baddha Konasana. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, Supta Baddha Konasana, Adho Mukha Svanasana, Janu Sirsana, dan Virasana. Keempat pose ini mampu mengatasi ketegangan dan merilekskan pikiran sehingga pada gilirannya mampu menghilangkan sakit kepala. Dan beberapa pose lain yang sangat direkomendasikan karena khasiatnya yang sangat baik untuk Anda yang sakit kepala ialah Uttanasana dan Uttana Shishosana.

15# HipertiroidYoa adalah salah satu senam yang dapat Anda lakukan untuk membantu menyembuhkan hipertiroid Anda. Hal ini disebabkan karena yoga tidak hanya menenangkan pikiran namun bisa juga digunakan untuk perawatan penyakit hipertiroid ini. Dalam hal ini, yoga dapat memberikan stimulasi pada kelenjar tiroid, pineal, pituitary, dan kelenjar adrenal sehingga sangat baik untuk dilakukan penderita hipertiroid ini. Sebab dengan melakukan yoga secara rutin, membantu melemaskan dan meregangkan otot leher dan memperkuat sistem saraf.

Adapun pose yoga yang paling direkomendasikan bagi Anda sebagai penderita hipertiroid adalah pose Ustrasana. Jika dilakukan dengan konsisten, pose ini dapat membantu merawat hipertiroid dan bahkan dalam jangka panjang bisa mengobatinya. Hal ini disebabkan karena pose ini mempunyai manfaat merangsang kelenjar tiroid supaya bisa bekerja lebih efisien dan maksimal.

15 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Yoga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment