Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Monday, May 16, 2016

5 Alasan Mengapa Anda Harus Makan Tepat Waktu


Makan tepat waktu dan teratur sangat penting untuk dilakukan dan bahkan harus dijadikan kebiasaan. Sebab, makan tepat waktu dan teratur memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Karenanya, jangan sepelekan waktu makan dan di antara waktu makan yang paling sering diabaikan adalah sarapan. Melewatkan sarapan tidak hanya akan mengancam sixpack, tetapi juga kesehatan Anda. Misalnya, orang-orang yang melewatkan sarapan akan cenderung bertubuh lebih gemuk dan memiliki kadar kolesterol darah yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang rutin sarapan.

Tidak hanya masalah melewatkan makan, waktu makan yang tidak tepat waktu tidak teratur juga dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Diketahui bahwa makan tidak teratur dapat menyebabkan terjadinya masalah terhadap insulin. Dalam hal ini, profil insulin Anda akan menjadi kurang baik. Selain itu, hal ini juga dapat memicu gula darah menjadi terkendali. Kedua kondisi ini, bisa berisiko terhadap terjadinya diabetes dalam jangka panjang.

Makan tidak tepat waktu dan juga tidak teratur dapat menyebabkan kolesterol dalam darah menjadi lebih tinggi sehingga berpotensi menyebabkan hiperkolesterol di kemudian hari. Lebih dari itu, kondisi ini juga dapat mengacaukan jam biologis tubuh yang dapat berisiko menyebabkan terjadinya diabetes dan penyakit jantung.

Sedangkan jika Anda makan tepat waktu dan teratur, Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Tidak hanya bagi Anda yang menderita suatu penyakit, makan teratur dan tepat waktu juga harus dilakukan oleh Anda yang ingin mendapatkan kesehatan yang prima. Makan tepat waktu merupakan kunci untuk membangun disiplin dan kebiasaan makan yang lebih konsisten. Dengan sedikit perencanaan, makan tepat waktu untuk frekuensi makan yang lebih sering akan menjadi hal yang menyenangkan.

Makan tepat waktu ini merujuk pada konsep tiga kali makan dalam sehari ialah sarapan, makan siang, dan makan malam. Dalam memulai makan, janganlah makan setelah Anda benar-benar lapar. Atur waktu makan Anda seperti sarapan sekitar jam 06.00-08.00, makan siang sekitar jam 12.00-13.00, dan makan malam antara jam 18.00-20.00. Jika memang dalam kondisi tertentu, Anda disarankan untuk menambah jumlah makan sebelum dan sesudah olahraga.

Tidak perlu khawatir dengan banyaknya frekuensi makan, karena jika pilihannya tepat, asupan kalori bisa ditekan sambil memaksimalkan asupan gizi penting seperti protein, serat, lemak esensial, vitamin, dan mineral. Dengan begitu, Anda akan tetap sehat sepanjang waktu, begitu juga Anda sama sekali akan jauh dari berbagai macam gangguan kesehatan. Karenanya, berikut ini akan dijelaskan beberapa alasan penting atau manfaat dari makan tepat waktu dan teratur.
 
Menjauhkan Anda dari Sakit Maag
Seperti diketahui bahwa penyebab penyakit maag yang paling utama adalah makan tidak teratur dan tidak tepat waktu. Misalnya, Anda terlalu siang makan padahal tanpa sarapan di pagi harinya, atau mungkin Anda sering makan satu kali dalam sehari atau makan hingga menunggu waktu perut lapar. Kondisi ini tidak hanya dapat menyebabkan timbulnya penyakit maag namun juga memicu kambuhnya penyakit tersebut. Maka, makan teratur dan tepat waktu adalah pola makan yang dapat mengatasi kemungkinan terserang penyakit ini. Apalagi sakit maag yang sudah parah, bisa mengakibatkan kematian.

Menjauhkan Anda dari sakit jantung
Selain pola makan yang tidak sehat, makan yang tidak teratur dan tidak tepat waktu, juga menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung. Dalam hal ini, makan yang tidak teratur dapat merusak kondisi jantung. Sedangkan jika makan teratur, bukan hanya kesehatan jantung yang terjaga namun beberapa penyakit lain yang juga mempunyai hubungan dengan penyakit jantung seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa diredam dengan baik.

Banyaknya orang yang mengabaikan makan teratur dan tepat waktu menyebabkan penyakit ini bukan hanya membuat penyakit ini menjadi penyakit orang tua atau orang kaya saja. Saat ini, penyakit ini sudah banyak menyerang orang-orang usia produktif. Hal ini semakin diperparah oleh kondisi orang yang banyak mengabaikan kandungan asupan makan setiap harinya.

Setiap tahun di seluruh dunia dan juga di Indonesia, penderita penyakit jantung semakin bertambah. Dengan demikian, tidaklah salah jika kemudian penyakit ini menempati posisi teratas sebagai penyakit penyebab kematian pada penderitanya.

Dapat Memberi Energi yang Lebih saat Beraktivitas
Anda kerap kali tidak berenergi ketika sedang melakukan aktivitas dalam keseharian Anda? Salah satu penyebab kondisi ini ialah makan yang tidak teratur dan tidak tepat waktu. Jika Anda melakukan ini, bukan hanya akan membuat Anda selalu berenergi setiap hari namun akan meningkatkan energi tersebut. Karenanya, Anda akan mendapatkan energi lebih dari pola makan ini sehingga saat Anda beraktivitas Anda akan lebih fokus dan kreatif. Jangan sampai Anda melewatkan waktu makan (terlambat waktu makan) dan begitu juga jangan sampai lupa untuk sarapan. Selain itu, Anda juga harus rajin mengonsumsi lauk, sayuran, buah, dan juga minuman bergizi seperti susu.

Dalam melakukan aktivitas memang sangat membutuhkan energi yang lebih sebab pekerjaan yang dilakukan, apalagi biasanya semakin hari kian bertambah, memerlukan energi dan stamina yang lebih sehingga kerap kali menurunkan kesehatan tubuh. Dampak nyata yang Anda rasakan biasanya ialah di mana tubuh akan cepat merasa lelah atau capek. Lelah atau capek tersebut tentunya akan mengurangi produktivitas kerja Anda. Karenanya, Anda harus senantiasa membiasakan diri untuk makan tepat waktu dan teratur untuk mendapatkan energi yang lebih ketika beraktivitas.

Menghindarkan Anda dari Obesitas
Makan tidak teratur dapat memicu obesitas pada Anda. Hal ini disebabkan karena jika Anda makan tidak teratur biasanya akan makan lebih banyak, tidak terkontrol, dan cenderung memilih makanan yang enak dengan kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi. Hal ini disebabkan karena Anda yang mempunyai perilaku pola makan tidak teratur jug tidak terlalu memperhatikan makanan dan berapa banyak yang dimakannya. Dan rata-rata, pola makan yang tidak teratur meningkatkan jumlah makanan tersantap sampai sekitar 10 persen dan menaikkan konsumsi daging sampai kira-kira 25 persen. Sebaliknya, pola makan teratur bisa menekan konsumsi daging sampai 10 persen.

Meningkatkan Daya Konsentrasi
Konsentrasi sangat dibutuhkan oleh kita ketika sedang melakukan suatu aktivitas tertentu. Hal ini disebabkan bahwa hanya dengan konsentrasi suatu pekerjaan bisa diselesaikan dengan sangat baik. Karenanya, konsentrasi sangat dibutuhkan oleh siapun, tidak terkecuali pelajar, mahasiswa, pekerja, dokter, pengusaha, atau ibu rumah tangga. Bagi pelajar atau mahasiswa, konsentrasi sangat dibutuhkan untuk menyerap ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh guru atau dosen setiap harinya atau ketika tengah belajar, apalagi jika hendak ujian dan untuk mengikuti pelajaran di sekolah.

Adapun untuk seorang pekerja, konsentrasi dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik tanpa ada kesalahan atau kekeliruan yang dilakukannya. Begitu juga dengan dokter atau pengusaha atau bahkan ibu rumah tangga, konsentrasi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan segala pekerjaan dalam profesi mereka.

Mengapa konsentrasi sangat dibutuhkan ketika bekerja? Hal ini disebabkan karena kadang kala konsentrasi menurun ketika seseorang sedang bekerja, misalnya gairah bekerja tiba-tiba menghilang dan otak Anda juga sulit untuk diajak berpikir. Hal  ini jika dibiarkan dapat berbahaya baik terhadap perusahaan atau instansi di mana Anda bekerja maupun terhadap diri  Anda sendiri.

Dengan menurunnya konsentrasi bisa mengakibatkan menurunnya produktivitas Anda dalam bekerja erkurang. Dan jika hal ini berkaitan dengan tempat Anda bekerja, menurunnya produktivitas ini memberikan dampak yang buruk bagi kinerja perusahaan secara keseluruhan.


5 Alasan Mengapa Anda Harus Makan Tepat Waktu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment