Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Thursday, May 19, 2016

Beberapa Gerakan Yoga untuk Membuat Gairah Seksual Meningkat Kembali

Keharmonisan rumah tangga salah satunya ditentukan oleh kepuasan hubungan seksual. Ketika salah satu dari suami istri merasa kurang mendapatkan kepuasan, biasanya keharmonisan mulai terasa goyah. Hal ini salah satunya kadang kala disebabkan karena menurunnya libido pada salah satu pihak atau bahkan keduanya. Ketika ini terjadi, napsu seks Anda tidak bisa diharapkan karena sekalipun pasangan Anda sedang dalam kondisi bersolek, mempercantik diri, dan bahkan menggoda, Anda tentu saja tidak akan tertarik karena napsu seks Anda sedang anjlok.

Sebelum menurunnya nafsu seks ini mengancam kelanggengan rumah tangga, ada baiknya Anda sesegera mungkin untuk bisa mengatasinya dengan baik. Sebab, hal ini di kemudian hari bukan hanya akan membuat hubungan rumah tangga Anda akan menjadi hancur namun Anda juga akan selalu didera kebingungan yang berkepanjangan. Karenanya, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab dari anjloknya napsu seks Anda ini sebelum Anda benar-benar memberikan penanganan terapi yang optimal.

Ada banyak hal yang menyebabkan mengapa nafsu seks Anda bisa menurun. Hasil temuan sejauh ini menunjukkan bahwa menurunnya gairah seksual sangat dipengaruhi oleh kestabilan kondisi psikologis. Jika psikologis Anda dalam tekanan dan stres, ini bisa menurunkan gairah seksual. Maka tidaklah heran jika misalnya Anda sedang dalam masalah dan tekanan, nafsu seksual Anda biasanya akan ikut bermasalah. Menurunnya libido juga bisa terjadi karena mengonsumsi alkohol, kurang istirahat, tidak percaya diri, mengonsumsi obat-obatan tertenu, dan ada masalah dengan pasangan.

pose Setu Bandhasana (gambar: http://eyogaguru.com)

Untuk mengatasi maslah ini, Anda perlu melakukan beberapa pose yoga. Sejauh ini diketahui bahwa gerakan-gerakan dalam yoga bisa menjadi obat segala penyakit, termasuk di dalamnya mengatasi masalah menurunnya gairah seksual ini. Namun demikian, untuk mendapatkan manfaat yog dalam kehidupan seksual ini, yoga harus dilakukan secara konsisten setiap hari dan juga memerlukan waktu yang relatif lama dan juga membutuhkan latihan jangka panjang. Tetapi sepanjang Anda bisa melakukan yoga dengan rutin, kemungkinan dirasakannya manfaat yang besar tersebut bisa terjadi lebih cepat.

Secara garis besar, keterkaitan yoga dengan peningkatan gairah seksual bisa dijelaskan sebagai berikut. Yoga bisa memberikan efek relaksasi dan bahkan penurunan tingkat stres sehingga ini membuat Anda merasa lebih santai dan kondisi metabolisme lebih lancar. Kondisi ini pada gilirannya mempengaruhi produksi hormon dan kerja otak yang mengatur gairah seks menjadi lebih baik sehingga hasrat seksual kembali naik. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan peredaran darah pada hampir semua bagian tubuh manusia, termasuk di dalamnya adalah daerah pinggang ke bawah. Jika yoga dilakukan setiap hari, tentu saja lancarnya peredaran darah ini lebih terjaga dan terpelihara sehingga dapat meningkatkan gairah seksual Anda.

Adapun pose yoga yang dapat memberikan efek ini ialah sepertin pose Setu Bandhasana. Gerakan-gerakan dalam pose ini mampu menguatkan otot-otot panggul Anda. Bahkan pose ini dapat membuat aliran darah ke area genital lebih lancar. Hal ini disebabkan karena gerakan dalam Setu Bandhasana memberikan rangsangan cakra dasar tubuh yang dapat meningkatkan libido atau gairah seksual. Selain itu, dengan membuat tubuh seperti jembatan pada pose Setu Bandhasana ini, gerakannya sangat mirip dengan gerakan senam Kegel. Hal ini bisa meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan pada tubuh bagian belakang. Bahkan pose ini juga dapat mengaktifkan chakra pleksus sakral sebagaimana di atas.

Selain Setu Bandhasana, pose lainnya ialah Suptha Baddha Konasana. Hal ini disebabkan karena pose ini di mana tubuh membentangkan paha dalam dan area selangkangan serta membuka sendi pinggul dan cakra jantung, dapat meningkatkan energi tubuh. Pose ini juga dapat mengurangi segala macam bentuk stres dan ketegangan dalam tubuh. Jika dilihat sepintas, pose ini sangat sederhana. Namun begitu, pose ini sangat efektif dalam menyelesaikan kecemasan dan ketegangan. Kondisi ini pada akhirnya dapat menormalkan level libido Anda dan bahkan meningkatkannya.

Bebrapa pose lainnya yang direkomendasikan adalah pose Anjaneyasana. Pose ini dapat menguatkan dasar panggul. Selain itu, dengan pose ini, berat bantalan pada panggul juga akan meningkat yang pada akhirnya akan meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut. Gerakan lainnya adalah adalah kobra atau Bhujangsana. Pose ini mampu merangsang cakra seksual tubuh yang dapat meningkatkan kemampuan seksual secara keseluruhan. Beberapa pose lainnya adalah Viparita Karani, Upavista Konasana, Kapotasana, Bitilasana, Saithalyasana, Ustra Asana, Marchariasana, Anjaneyasana, dan Mandukasan.

Setu Bandhasana
Pose ini memberikan manfaat yang luar biasa kinerja otot dan rongga dada dan perut, sebab asana ini dapat melatih peregangan menyamping pada otot dan organ rongga dada, dan juga menstimulasi rongga perut. Adapun cara melakukan pose Setu Bandhasana ini ialah sebagai berikut.
  • Tidurlah di atas lantai (bisa menggunakan alat bantu selimut sebagai alas agar bahu tidak terlalu sakit), tekuk kedua lutut dan tarik tumit ke arah bokong dalam posisi selebar bahu. Pegang kedua pergelangan kaki dengan kedua tangan.
  • Perlahan angkat pinggul, jadikan kaki sebagai tumpuan, putar bahu ke arah lantai. Masukkan tulang belikat ke dalam punggung.
  • Saat pinggul dalam posisi terangkat sempurna, tekanlah kaki sekuat mungkin. Panjangkan kedua paha bagian belakang, dorong dada ke atas setinggi mungkin sehingga dagu terkunci di atas dada.
  • Tahan posisi ini antara 30-45 detik
  • Cara melepas pose ini ialah perlahan-lahan turunkan tubuh ke lantai.
Suptha Baddha Konasana
Dalam melakukan pose Suptha Baddha Konasana harus menggunakan alat bantu berupa guling dan selimut. Hal ini bertujuan agar membuat badan bisa rileks dan restoratif. Pemakaian alat bantu ini juga penting digunakan untuk penderita gangguan pernapasan sebab guling dapat mengangkat dada dan ini bisa meningkatkan kinerja paru-paru. Guling juga dapat membantu mengatasi penyumbatan arteri koroner sehingga penderita merasa lebih nyaman dengan kondisinya. Dan adapun cara melakukan pose Suptha Baddha Konasana tersebut ialah sebagai berikut.


 pose Suptha Baddha Konasana (gambar: http://itsafablife.com)
  • Tempatkan guling kira-kira satu kepal tangan di belakang tulang ekor dengan posisi memanjang. Pastikan memilih guling yang tebal dan kuat untuk menopang tubuh. Letakkan lipatan selimut pada bagian atas bantal, di ujung paling atas.
  • Duduk pada posisi badda konasana di depan guling dengan posisi membelakangi guling.
  • Dorong tubuh ke arah belakang sehingga jatuh di atas guling. Tempatkan kepala persis di atas lipatan selimut, angkat dagu untuk lebih merilekskan kepala dengan posisi pandangan mata 45 derajat mengarah ke langit-langit.
  • Tekan bokong ke bawah supaya mendekati tumit lalu sejajarkan tulang ekor dengan lantai.
  • Panjangkan kedua tangan ke samping, lengan bagian luar diistirahatkan sepenuhnya di atas lantai dengan posisi telapak tangan menghadap ke langit-langit. Pastikan perut dan dada mengembang dan aktifkan otot diafragma supaya perut lebih aktif dalam membantu paru-paru bekerja.
  • Pejamkan mata dan tahan posisi ini selama 5 menit.

Anjaneyasana
Cara melakukan pose ini ialah sebagai berikut.

pose Anjaneyasana (gambar; http://alannak.com)
  • Mulailah gerakan dari posisi tadasana (berdiri) lalu angkat kedua tangan ke atas kepala, dorong tubuh ke depan lalu turunkan kepala dan tangan hingga berada pada pose Uttanasana
  • Turunkan pantat dan tekuk lutut hingga kedua tangan menyentuh lantai. Selanjutnya angkat kepala hingga pandangan mengarah ke depan.
  • Pindahkan kaki kanan ke belakang dengan posisi kedua tangan dan kaki kiri berada pada satu garis di depan tubuh. Pastikan ujung kaki kanan menekan patras. Sementara telapak tangan rapatkan ke matras sebagai tumpuan tubuh bagian depan.
  • Turunkan lutut kanan hingga menyentuh lantai lalu luruskan kaki kanan
  • Selanjutnya, angkat kedua tanga ke atas kepala dengan posisi jari-jari lurus dan terbuka. Dalam posisi ini, pastikan pandangan Anda mengarah ke arah kedua tangan.
  • Lakukan pada sisi lainnya secara bergantian

Bhujangsana
Cara melakukan pose Bujangsana atau pose kobra ini ialah sebagai berikut.


pose Bhujangsana (gambar: http://yogasana.co.in)
  • Mula-mula posisi tuuh tengkurap dengan kaki, perut, dan dahi menyentuh matras. Sementara kedua telapak tangan juga diletakkan di atas matras dengan posisi berada tepat di bawah bahu dengan posisi lengan rapat.
  • Selanjutnya, atur posisi kaki bisa dirapatkan bisa juga agak renggang. Perlahan angkat tubuh bagian atas dengan kekuatan otot punggung hingga kepala tegak menghadap ke depan. Sementara pandangan diarahkan ke atas.
  • Tahan posisi ini lalu lakukan secara berulang

Viparita Karani
Pose ini sangat sulit dilakukan bagi Anda mempunyai otot paha bagian dalam kaku. Karenanya, penggunaan alat bantu sangat mungkin untuk dilakukan untuk mempermudah dalam melakukan gerakan tersebut. Adapun alat bantu yang bisa Anda gunakan adalah lipatan selimut atau guling yang diletakkan di samping tembok untuk menyanggah tubuh. Namun bagi Anda yang tidak mendapati masalah, Anda bisa mencobanya dengan tanpa alat bantu. Adapun cara melakukan pose ini ialah sebagai berikut.


pose Viparita Karani (gambar: http://www.fightyourinfertility.com)
  • Duduklah dengan posisi menyamping dinding dengan bokong bersebelahan dengan dinding. Jika Anda menggunakan alat bantu, duduklah di atas lipatan selimut atau guling, tepat pada bagian tengah. Pastikan sisi kiri tubuh menempel pada tembok.
  • Tolehkan wajah ke arah dinding dan tempelkan kedua tangan ke dinding dan sentuhkan siku untuk menyanggah tubuh supaya mendapatkan keseimbangan. Hadapkan tubuh hingga posisi sejajar dengan langit-langit.
  • Perlahan angkat dan putar kaki kiri ke atas lalu kemudian kaki kanan. istirahatkan tubuh bagian atas pada lantai.

Beberapa pose lain yang dapat Anda pelajari ialah seperti Upavista Konasana, Kapotasana, Bitilasana, Saithalyasana, Ustra Asana, Marchariasana, Anjaneyasana, dan Mandukasan

Beberapa Gerakan Yoga untuk Membuat Gairah Seksual Meningkat Kembali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment