Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Sunday, May 15, 2016

Jika Ingin Panjang Umur, Tidurlah yang Cukup di Malam Hari


Jangan menganggap remeh terhadap waktu istirahat dan durasi tidur Anda sebab hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Jika Anda suka atau selalu kuat melek karena suatu kegiatan dan sampai kurang tidur, jangan jadikan kebiasaan. Tubuh Anda, di samping butuh waktu untuk bekerja, juga butuh waktu untuk istirahat. Jadi, tidur juga sebuah kebutuhan yang sangat diperlukan oleh tubuh. 

Dalam konteks ini peru diketahui bahwa seseorang yang kurang tidur, mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Sedangkan seseorang yang tidur cukup, sistem kekebalan tubuhnya tinggi sehingga mampu lebih optimal menangkis setiap serangan virus atau bakteri. Itulah alasan dari pentingnya tidur bagi Anda.

Tidur adalah suatu proses yang sangat penting bagi manusia, karena dalam tidur terjadi proses pemulihan. Proses ini bermanfaat mengembalikan kondisi seseorang pada keadaan semula. Dengan begitu, tubuh yang tadinya mengalami kelelahan akan menjadi segar kembali. Jika proses ini terhambat, organ tubuh tidak bisa bekerja dengan maksimal, akibatnya orang yang kurang tidur akan cepat lelah dan mengalami penurunan konsentrasi. Yang lebih berbahaya lagi, kurang tidur akan menyebabkan proses penuaan bisa terjadi lebih cepat.

Alarm tubuh yang harus Anda ketahui
Dari itu, tidur cukup adalah hal yang mesti dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sebab pada dasarnya, tubuh sehat itu memang membutuhkan istirahat yang cukup, bahkan juga tidur yang berkualitas. Untuk itu, bagi Anda yang sudah merasa ngantuk dalam melakukan aktivitas, jangan diteruskan. Sebaiknya tinggalkan pekerjaan Anda yang menumpuk dan teruskan kembali esok harinya.

Banyak sekali di antara Anda yang belum mengetahui terhadap alarm tubuh jika ingin tidur sehingga banyak yang mengabaikannya. Sebagian dari Anda kini belum merasakan alarmnya, tetapi tubuh Anda mungkin sebenarnya telah menunjukkan sinyal tersebut. Beberapa alaram tersebut ialah sebagai berukut

  • Tubuh atau perut tidak merasa lapar saat Anda makan siang karena terjadinya perubahan hormon yang meningkatkan nafsu makan atau malah sebaliknya. Hal ini mengakibatkan perut senantiasa merasa selalu dalam kondisi kenyang. Hal disebabkan karena adanya gangguan jam biologis yang telah mengendalikan suasana hati tidak normal. Inilah yang mengakibatkan mengapa orang yang kurang tidur bisa menjadi kurus atau bahkan malah menjadi gemuk.
  • Orang yang kurang tidur juga akan merasakan adanya gangguan fokus dan berpikir sehingga otak menjadi tulalit. Kondisi ini dipengaruhi oleh adanya gangguan pada sel-sel otak akibat kurang tidur. Dalam hal ini, sel-sel otak mengalami kekurangan waktu untuk regenerasi yang pada akhirnya mengakibatkan kerja sel tersebut tidak maksimal. Bahkan kondisi ini juga kerap kali bisa mengurangi kekuatan memori Anda.
  • Orang yang kurang tidur juga sering mengalami kurang koneksi jika sedang berbicara dengan orang lain. Ia mengalami kesulitan untuk berkonsentra dan fokus sehingga kerap kali orang seperti ini cenderung lupa terhadap sesuatu yang baru saja dibicarakan.
  • Selalu merasa ngantuk dan letih adalah bukti nyata dari tubuh Anda yang sudah mengalami limit melek. Kantuk dan letih ini biasanya akan terjadi seharian dan tubuh baru bisa normal setelah Anda bangun tidur.
  • Seseorang yang kurang tidur dan tubuh juga ingin tidur namun tubuh belum bisa memberikan haknya dengan adanya aktivitas yang banyak ialah dengan lemahnya sistem imun. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda mudah terinfeksi virus maupun bakteri. 


Hubungan tidur dengan usia manusia
Jika Anda sudah mengalami beberapa alarm seperti di atas, sebaiknya Anda segera istirahat. Sebab itu menandakan bahwa tubuh Anda sedang dalam masa kritis dan hanya bisa sembuh dengan istirahat. Jika tidak, maka tubuh Anda yang akan menjadi korban. Bukan hanya akan menjadi kurang sehat namun juga akan mengalami kematian lebih cepat akibat timbulnya berbagai penyakit yang bisa menjangkiti Anda. Jadi, seberapa lama Anda tidur bisa menjadi sinyal penting dari seberapa lama Anda akan hidup. Untuk itu, bagi Anda yang suka menghabiskan malam untuk begadang atau karena suatu pekerjaan, ubahlah malam Anda menjadi waktu untuk senantiasa beristirahat.

Dalam konteks ini perlu diketahui bahwa sebaiknya Anda harus bisa mengagendakan tidur dengan durasi yang cukup setiap hari, utamanya saat malam hari. Hal ini agar Anda hidup lebih lama dan mempunyai umur lebih panjang. Sebab sebagaimana hasil sebuah studi yang dilakukan di Amerika disebutkan bahwa wanita yang tidurnya antara 5-6 jam setiap malam di diagnosis memiliki hidup lebih panjang daripada usia biasanya. Menurut para ahli dari Universitas of California tersebut disebutkan bahwa tidur yang kurang dari lima jam setiap malam tidak disarankan untuk kesehatan yang lama. Tetapi jika tidur yang terlalu lama sekitar kurang lebih delapan jam dianggap terlalu lama.

Masih terkait dengan umur manusia, tidur malam juga sangat penting dilakukan karena bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan awet muda. Hal ini disebabkan karena pada saat Anda tidur, tekanan darah dan detak jantung biasanya berada di titik terendah sehingga tubuh senantiasa menjadi lebih sehat. Selain itu, tidur malam juga mampu menghindari dan menjauhkan stres, kulit jadi lebih cerah, mencerdaskan otak, mata lebih cerah, rambut sehat berkilau, dan tubuh lebih ramping.

Jika Ingin Panjang Umur, Tidurlah yang Cukup di Malam Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment