Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Tuesday, August 16, 2016

Manfaat Mencengangkan Daun Kemangi untuk Kesehatan Jantung dan Penderita Keputihan

Kemangi adalah daun yang selama ini dimanfaatkan untuk sayur lalapan. Daun ini mempunyai aroma yang khas sehingga sangat enak jika dimakan bersama sambal lesehan. Namun di balik semua itu, daun kemangi adalah tanaman obat yang mempunyai banyak manfaat terhadap kesehatan manusia.

Khasiat daun kemangi ini sudah lama dikenal oleh masyarakat kita bahkan sejak nenek moyang kita. Daun ini kaya akan antioksidan dan antibakteri. Daun tanaman ini juga kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, mangan, dan magnesium. Kandungan lainnya adalah energi, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, fosfor zat besi, dan air.

Daun kemangi juga mengandung banyak senyawa aktif yang mempunyai khasiat luar biasa pada kesehatan tubuh manusia. Beberapa senyawa dimaksud di antaranya ialah seperti sineol, minyak atsiri, sitrat, zat arigin, senyawa netol, boron, zat flavonoid, betakaroten, zat triptofan, eugenol, dan lain sebagainya.



Kemangi menyehatkan jantung dan membunuh mikroorganisme
Atas semua kandungan di atas, kemangi sangat ampuh dalam menyembuhkan penyakit. Magnesium dan betakaroten yang terkandung dalam daun kemangi mampu menjaga kesehatan jantung sebab keduanya adalah mineral yang sangat penting dan dibutuhkan oleh jantung. Selain itu, magnesium tersebut juga mampu merilekskan jantung dan pembuluh darah sehingga aliran atau sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

Sedangkan untuk penderita keputihan, daun kemangi juga mampu menolong dan menyembuhkannya. Sebab, daun kemangi juga mengandung eugenol yang bisa membunuh jamurt penyebab keputihan. Eugenol bersama-sama dengan flavonoid adalah antioksidan yang juga mampu melawan radikal bebas sehingga mampu mencegah pertumbuhan segala macam mikroorganisme.

Nah, pemanfaatkan daun kemangi sebagai obat ini sangatlah mudah. Anda tinggal memetik beberapa helai daun kemangi lalu rebus dalam air bersih dengan api sedang. 15 menit kemudian, air ini bisa diangkat lalu dinginkan. Selanjutnya, air disaring dan siap untuk dijadikan minuman, paling tidak satu gelas setiap hari. Adapun lamanya pengobatan ini bisa dilakukan sampai Anda merasa sembuh.

Namun begitu, daun kemangi ini mempunyai efek samping yang harus Anda ketahui. Untuk penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan daun kemangi ini kecuali sudah berkonsultasi dengan dokter. Sebab, daun ini dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga kerap kali menyebabkan pusing.

Hasil penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi daun kemangi dapat mengurangi kesuburan. Namun begitu, sejauh ini belum ada bukti secara medis. Bahkan diketahui, kemangi juga mengandung arginin yang bisa meningkatkan daya hidup sperma semakin kuat sehingga bisa mencegah kemandulan. Dan meskipun hasil penelitian ini masih kontradiktif, Anda sebagai wanita harus tetap berhati-hati untuk menjaga kemungkinan yang tidak diinginkan.

Manfaat daun kemangi lainnya
Selain kedua manfaat di atas, daun kemangi masih mempunyai banyak manfaat lainnya. Daun ini mampu mengatasi beberapa penyakit lain sebagaimana berikut.

  • Batuk kering. Daun kemangi juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk kering. Adapun pemanfaatannya sama dengan cara pada keputihan dan jantung di atas.
  • Demam dan masuk angin. Daun kemangi juga mampu mengobati demam dan masuk angin pada anak. Adapun cara pemanfaatannya, daun kemangi diremas-remas bersama bawang merah dan minyak kelapa. Setelah halus, kemangi bisa dibalurkan pada perut, punggung, dan dada.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Daun kemangi juga mampu meningkatkan sistem imun sebab daun ini mengandung betakaroten yang mampu melawan antibodi dalam tubuh sehingga secara otomatis sistem imun meningkat dengan sendirinya. Di samping itu, betakaroten ini juga mampu memperbaiki sel-sel yang rusakd alam tubuh karena bermanfaat membantu proses sintesis protein.
  • Mengobati sariawan. Daun ini juga mampu mengobati sariawan dengan sangat cepat. Adapun pemanfaatannya ialah dengan cara mengunyah daun ini lalu telan. Setelah itu, minumlah dengan air hangat. Hal ini bisa dilakukan 3 kali sehari.
  • Membantu perkembangan tulang. Daun kemangi juga mampu meningkatkan perkembangan tulang karena daun ini mengandung fosfor dan kalium. Bahkan kedua kandungan ini juga berfungsi untuk mencegah tulang keropos.
  • Menghilangkan panu. Daun kemangi juga mampu menghilangkan panu. Caranya adalah haluskan beberapa daun kemangi lalu campur dengan kapur siri. Selanjutnya, oleskan pada tubuh yang terkena panu.
  • Obat sakit mata. Kemangi juga mampu menyembuhkan sakit mata. Adapun cara pemanfaatannya ialah ambil beberapa daun kemangi lalu direndam dalam air bersih. Air inilah nanti yang digunakan untuk mencuci mata yang sakit tersebut.
  • Obat inflamasi dan anti bakteri. Hal ini disebabkan karena daun ini berfungsi sebagai minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene, dan terpineol.
  • Obat sakit kepala. Kemangi juga mampu meredakan sakit kepala. Caranya adalah tumbuk daun kemangi lalu campur dengan pasta cendana. Selanjutnya, taruh diatas dahi.
  • Obat pencernaan. kemangi bisa melancarkan dan meningkatkan kesehatan pencernaan bahkan bisa mengobati disentri dan dispepsia.
  • Obat sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan juga mampu diredakan oleh daun yang harum khas ini. Caranya adalah ambil beberapa helai daun kemangi lalu rebus sebagai obat kumur.

Manfaat Mencengangkan Daun Kemangi untuk Kesehatan Jantung dan Penderita Keputihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment