Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Monday, August 8, 2016

Terkuak Rahasia Panjang Umur Orang Cina, Berikut Penjelasannya

Di Cina, terdapat dua daerah yang konon masyarakatnya rata-rata mempunyai umur lebih panjang dari daerah lain di daerah Cina, bahkan dunia. Kedua kawasan tersebut adalah Hiong Kong dan Makau. Di Hong Kong, masyarakatnya mempunyai tingkat harapan hidupnya tinggi padahal Hong Kong saat ini adalah daerah industri dan juga daerah penuh asap kendaraan bermotor. Bahkan gedung-gedung apartemen berdesakan juga banyak di situ sehingga mustahil penduduknya mempunyai gaya hidup sehat. Namun demikian, faktanya, angka harapan hidup warga Hong Kong merupakan yang tertinggi di dunia. Hong Kong baru saja dinobatkan sebagai kawasan dengan penduduk mempunyai umur paling panjang di dunia.


Pria Hong Kong telah menggondol gelar itu selama lebih dari satu dekade. Dan data terbaru menunjukkan bahwa, untuk pertama kalinya, para wanita yang tinggal di kawasan selatan Cina ini telah berhasil mengambil alih gelar yang selama ini disabet orang Jepang. Menurut pemerintah di Hong Kong dan Tokyo, angka harapan hidup perempuan Hong Kong naik dari rata-rata 86 tahun pada 2010 menjadi 86,7 tahun pada 2011. Sedangkan angka harapan hidup perempuan Jepang terpukul gempa bumi dan tsunami 2011, turun ke 85,9 tahun.

Sedangkan mengenai data angka harapan hidup orang Makau, sejauh ini belum ada. Barangkali Makau ini langsung dimasukkan ke dalam kategori data Cina secara umum.

Apa rahasia mereka sehingga memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia? Menurut para pakar, mereka tidak mempunyai ramuan khusus. Namun begitu, mereka mempunyai kebiasaan-kebiasaan unik yang dapat meningkatkan angka harapan hidup mereka.

Rahasia pertama
Hal pertama yang menjadi faktor tingginya angka harapan hidup mereka ialah  mudahnya akses untuk mendapatkan fasilitas perawatan kesehatan modern dan orang-orangnya selalu sibuk beraktivitas. Selain itu, mereka juga konsumsi makanan tradisional ala Kanton yang minim menggunakan minyak dan mereka juga selalu bermain Mahyong/Mahjong bersama teman-temannya.

Itulah cara lokal yang populer dilakukan oleh orang Hong Kong. Mereka terus sibuk dan menemui kawan-kawan untuk senantiasa melakukan permainan Mahyong. Permainan Mahyong, amat dikenal di kalangan manula karena bisa membantu memperlambat demensia. Permainan ini juga menstimulasi bagian otak yang mengontrol memori dan kemampuan kognitif. Oleh karena itu, manula akan terbantu dalam menjaga kualitas ingatannya.

Dalam praktiknya, permainan Mahyong ini dimainkan dengan tiga orang dan karenanya ini mengajarkan mereka untuk bersosialisasi. Sebab, permainan Mahyong ini menuntut pemain untuk selalu melakukan interaksi satu sama lain. Permainan ini lebih banyak ditemukan di daerah Hong Kong yang biasanya dilakukan dengan cara taruhan namun terkadang juga tidak. Pesta perkawinan kadang kala menjadi sebuah acara yang harus menyediakan permainan ini. Sebab, banyak orang yang menyukainya karena permainan ini mengasyikkan, utamanya dalam mengatur strategi untuk memenangkannya yang amat sulit.

Rahasia kedua
Orang Hong Kong juga mempunyai beberapa kebiasaan unuk. Mereka adalah orang-orang yang suka bepergian dan jalan-jalan untuk melihat hal-hal baru. Tentu saja kebiasaan ini sangat mempengaruhi angka harapan hidup mereka sebab keduanya mempunyai dapat menenangkan dan menyenangkan pikiran mereka. Selain itu, mereka juga mempunyai kebiasaan melakukan 'yum cha'. 'Yum cha' sendiri merupakan sebuah istilah yang menggambarkan tradisi minum yang disertai dengan cemilan. Teh ini gratis dan disajikan dalam jumlah banyak sehingga barang siapa yang merasa kurang dapat melakukan isi ulang. Nah, dari teh yang banyak inilah mereka mendapatkan kesehatan yang baik karena teh yang mereka konsumsi mengandung antioksidan yang dapat membasmi berbagai penyakit.


Rahasia ketiga
Orang Hong Kong juga mempunyai kebiasaan makan sayur yang diolah dengan cukup sederhana. Sayur masakan mereka diolah dengan olahan yang sangat sehat karena sayur hanya dikukus. Selain itu, mereka juga sering memakan buah-buahan dan juga nasi. Lebih dari itu, orang Hong Kong juga mempunyai kebiasaan melakukan Tai Chi, utamanya mereka yang sudah lansia.

Sebagaimana diketahui bahwa Tai Chi merupakan olahraga yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Olahraga ini bisa meningkatkan keseimbangan dan memberikan stimulus pada kardiovaskular sehingga sangat penting dilakukan oleh manusia, utamanya para manula. Bahkan Tai Chi ini juga dapat membantu menghindarkan para lansia dalam menangkal serangan Parkinson.

Rahasia keempat
Orang Hong Kong juga adalah manusia yang unik. Ektika berada di masa tua (manula), mereka bukan malah menjadi pension dari pekerjaannya namun mereka malah semakin giat bekerja. Mereka menjadi manusia yang selalu menyibukkan dirinya dengan pekerjaan (selalu sibuk bekerja). Karenanya, para manula di sana bukanlah orang-orang yang menganggur namun mereka selalu menjadi orang yang sibuk setiap hari.

Rahasia kelima
Sedangkan harapan hidup orang Makau yang mencapai 81 tahun, salah satu rahasianya adalah karena ekonomi yang kuat. Masyarakat Makau mendapatkan banyak devisa dari industri pariwisatanya. Kesejahteraan yang tinggi membuat warganya lebih mampu mengakses layanan kesehatan.

Itulah beberapa rahasia yang menyebabkan oreang Cina sampai mempunyai angka harapan hidup yang sangat tinggi. Semoga bermanfaat….

Terkuak Rahasia Panjang Umur Orang Cina, Berikut Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment