Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Friday, September 16, 2016

11 Macam Obat Tradisional Asam Urat dan Diabetes Mellitus Paling Ampuh

Obat tradisional untuk penyakit asam urat dan diabetes mellitus sangat banyak. Beberapa yang paling manjur sejauh ini ialah sebagai berikut.

Obat tradisional asam urat
Beberapa obat tradisional asam urat ialah sebagai berikut.

— Bunga Rosella
Anda tahu bunga rosella? Bunga yang berwarna merah dan mempunyai rasa khas ini juga mampu mengobati asam urat. Sifat bunga rosella dalam mengobati asam urat adalah dengan cara meredakan nyeri yang terjadi pada persendian.



Bunga rosella ini mengandung banyak senyawa aktif, asam lemak, dan kandungan sterol. Dengan itu, bunga rosella ini bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk di dalamnya adalah asam urat.

Adapun pemanfaatan bunga rosella sebagai obat asam urat adalah dengan membuatnya menjadi teh. Caranya, ambil beberapa buah bunga rosella kering dan bersih lalu seduh dengan air panas lalu bubuhkan sedikit gula pasir atau madu sebagai pemanis. Diamkan beberapa saat hingga air berubah warna merah. Setelah itu, air rosella bisa diminum secara rutin setiap hari.

— Sambiloto
Sambiloto atau Andrographis paniculata adalah tananam obat yang sangat manjur dalam mengobati asam urat. Tanaman ini sudah lama digunakan oleh masyarakat kita sebagai obat tradisional dan bahkan hingga sering dimasukkan ke dalam komposisi jamu gendong.



Sambiloto mengandung Andrographolide yang merupakan zat aktif utama dan berfungsi menurunkan kadar glukosa dalam darah sehingga sangat manjur dalam mengobati diabetes.

Adapun cara membuat sambiloto sebagai obat tradisional asam urat ialah ialah ambil daun sambiloto segar sekitar 30 gram dan daun sambiloto kering sekitar 15 gram. Kedua jenis sambiloto ini kemudian dicuci sampai bersih. Ambil rimpang kunyit 25 gram lalu kupas untuk dibuang kulitnya.

Ketiga bahan di atas direbus di atas api sedang dengan 3 gelas air. Tunggu beberapa menit hingga air menyisakan setengahnya. Selanjutnya, tunggu sampai dingin, saring, dan obat siap untuk dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

— Meniran
Tanaman ini sering dianggap rumput pengganggu karena biasanya tumbuh liar di sekitar rumah. Namun tahukah anda bahwa ternyata meniran adalah tanaman obat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit pada manusia?

Ya, meniran adalah obat tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk asam urat. Sebab, obat herbal ini adalah tanaman yang mengandung senyawa aktif yang bisa menyembuhkan asam urat.

Beberapa kandungan senyawa aktif yang terkandung dalam daun meniran ialah seperti flavonoid, tanin, filantin, hipofilantin, damar, dan kalium. Senyawa-senyawa aktif ini sangat manjur dalam mengatasi asam urat dan beberapa penyakit lain yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah seperti rematik gout dan ginjal.

Adapun resep membuat obat tradisional asam urat dari meniran ini ialah ambil daun meniran secukupnya, cuci sampai bersih. Selanjutnya, rebus daun meniran dengan 3 gelas air di atas api sedang hingga menyisakan setengahnya. Dinginkan, saring, lalu minum secara teratur 2-3 kali setiap hari.

— Kumis kucing
Sudah masyhur bahwa tanaman kumis kucing adalah tanaman obat yang telah terbukti ampuh mengatasi berbagai keluhan kesehatan manusia, termasuk di dalamnya asam urat. Diketahui, tanaman ini kaya akan orthosiphonin glikosida yang bermanfaat untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh.

Kumis kucing juga kaya akan mineral, mionositol, zat samak, saponin, sapofonin, dan sinetesin. Karenanya, kumis kucing tidak hanya menyembuhkan asam urat namun berbagai penyakit lain seperti rematik, batuk, masuk angin, keputihan, kencing batu, sembelit, diabetes, memperlancar pengeluaran air kemih, dan lain sebagainya.

Adapun resep membuat obat tradisional asam urat dengan menggunakan kumis kucing tertsebut ialah sebagaimana berikut.

Ambil daun kumis kucing secukupnya, daun meniran secukupnya, dan air sebanyak 1 gelas. Semua bahan dicuci sampai bersih lalu rebus di atas api sedang dan tunggu hingga menyisakan setengahnya. Setelah dingin, air disaring dan siap untuk diminum secara rutin setiap hari, 2-3 kali sehari.

— Daun salam
Sudah lama diketahui bahwa daun salam adalah bumbu dapur yang harus ada dalam setiap masakan. Di balik itu, daun salam adalah obat tradisional asam urat yang sangat manjur. Sebab, daun salam ini mengandung banyak senyawa aktif alami yang bisa menyembuhkan asam urat.

Diketahui, daun salam mengandung flavonoid, senyawa minyak atsiri, zat tannin, dan beberapa zat lainnya. Semua senyawa ini diketahui memiliki khasiat untuk mengatasi asam urat. Bahkan untuk zat tanin sendiri juga bisa meluruhkan kolesterol yang berlebih dalam tubuh yang sebenarnya masih berkaitan dengan asam urat dan komplikasinya.

Adapun resep membuat obat herbal asam urat menggunakan daun salam adalah sebagai berikut. Ambil 10 lembar daun salam kering, cuci sampai bersih. Selanjutnya, rebus daun salam kering tersebut dalam 10 gelas air di atas api sedang. Setelah tersisa sekitar 7 gelas, matikan api, angkat, dan dinginkan.

Tunggu air sampai dingin, lalu saring dan siap diminum. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari, dua kali sehari, pada saat pagi dan sore hari.

— Daun sirih merah
Sirih merah adalah tanaman hias yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Daunnya, mengandung banyak zat alami yang bisa meredakan rasa nyeri sendi akibat asam urat. Beberapa zat dimaksud ialah seperti flavonoid, alkoloid, tannin, dan saponin.

Daun sirih merah juga kaya akan zat lainnya seperti eugenol, polifenol, minyak asiri, polevonolad, terpenen, cineole, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini menyebabkan daun sirih merah ini tidak hanya menyembuhkan asam urat namun berbagai penyakit lainnya seperti luka bakar, mimisan, gatal-gatal, dan lain sebagainya.

Adapun cara membuat obat tradisional asam urat menggunakan daun sirih merah ialah cukup dengan mengambil beberapa daun sirih merah lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, rebus dengan air di atas api sedang lalu dinginkan. Setelah dingin, saring, dan minum secara terartur dua kali sehari, pagi dan sore.

Obat tradisional diabetes mellitus
Obat tradisional diabetes mellitus juga sangat banyak. Namun ada beberapa yang paling ampuh sebagaimana berikut.

— Buah mengkudu
Buah mengkudu sudah lama dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan manusia, seperti penyakit kulit, sakit kepala, darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, anti inflamasi, dan lain sebagainya.



Buah mengkudu juga bisa mengobati diabetes mellitus karena buah ini berkhasiat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan karena buah ini kaya akan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama senyawa proxeronine yang mempunyai fungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah tubuh manusia.

Proxeroni sendiri merupakan zat yang dapat membentuk alkaloid yang berfungsi membuka pori-pori sel. Akibatnya, nutrisi yang berasal dari makanan atau asupan akan lebih mudah diserap ke dalam tubuh sehingga bisa membantu mengontrol dan menyembuhkan diabetes.

Adapun resep membuat obat tradisional diabetes mellitus dengan menggunakan mengkudu adalah buah ini bisa dimakan secara langsung. Di samping itu, anda juga bisa mencoba dengan cara membuatnya menjadi jus.

— Daun sirsak
Daun sirsak juga sangat ampuh dalam menyembuhkan diabetes sehingga tidaklah mengeherankan jika di samping kanker, daun ini juga dikenal sebagai obat tradisional diabetes mellitus.

Tidak hanya bisa menurunkan kadar gula dalam darah namun juga menghalau penyebab meningkatnya kadar gula darah seperti stres. Selain itu, daun sirsak juga bisa meningkatkan sel beta yang dapat menghasilkan insulin.

Adapun resep membuat obat tradisional diabetes menggunakan daun sirsak ialah dengan merebusnya. Ambil beberapa helai daun sirsak lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, rebus dengan air secukupnya di atas api sedang sampai mendidih. Setelah dingin, saring, dan minum secara rutin dua kali sehari, pagi dan sore.

— Mahkota dewa
Mahkota dewa sudah populer di Indonesia sebagai tanaman obat yang mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan, mulai tingkat ringan hingga sangat serius. Bahkan mahkota dewa juga dikenal sebagai tanaman obat yang mampu mengatasi diabetes karena mampu mengendalikan dan menurunkan kadar gula darah secara signifikan.



Salah satu zat atau kandungan penting pada mahkota dewa dalam pengobatan diabetes adalah zat Saponin. Zat ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia karena berfungsi sebagai imunitas yang dapat memproduksi antivirus dan bakteri.  Kondisi ini dapat membuat kesehatan manusia sangat terpelihara.

Lebih dari itu, dalam beberapa penelitian diungkapkan bahwa zat Saponin inilah yang dapat menekan dan menurunkan kadar gula tinggi dalam darah. Karenanya, mengonsumsi mahkota dewa setiap hari adalah jalan paling baik untuk menurunkan diabetes secara alami.

Adapun resep membuat obat tradisional diabetes mellitus dengan menggunakan mahkota dewa ialah ambil lima tangkai daun mahkota dewa dan 3 lembar daun salam. Cuci kedua bahan tersebut dengan air sampai bersih.

Selanjutnya, rebus daun tersebut dengan tiga gelas air di atas api sedang. Tunggu hingga air menddiih dan menyisakan satu gelas. Setelah itu, angkat, dinginkan, saring, dan minum secara teratur dua kali sehari.

— Kulit manggis
Kulit manggis adalah obat herbal yang multifungsi sehingga sangat populer dewasa ini. Ia adalah obat yang juga mampu mengatasi diabetes mellitus dengan sangat ampuh karena mengandung senyawa Xanthone yang mampu mengatasi berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes mellitus ini.

Dalam tubuh penderita diabetes, senyawa Xanthone ini dapat mengembalikan resistensi insulin. Hal ini akan membuat kerja insulin bisa kembali normal sehingga penyakit diabetes bisa diatasi dengan baik.

Pun kulit manggis juga mengandung falvonoid yang berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat menjaga kesehatan penderita diabetes dari kemungkinan serangan penyakit lain akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga mampu mencegah masuknya radikal bebas yang seringkali merusak pankreas sehingga produksi hormon insulin menjadi normal kembali.

Mengonsumsi buah manggis pun bisa menormalkan kadar gula dalam darah yang berlebih. Karenanya, bukan hanya kulitnya yang bagus untuk penderita diabetes namun juga buahnya yang lezat juga mampu mengatasi diabetes.

Adapun untuk membuat obat tradisional diabetes mellitus menggunakan kulit manggis ialah dengan cara dibuat jus. Cara lainnya adalah kulit manggis dipotong kecil-kecil lalu setelah kering diseduh seperti teh lalu diminum secara teratur setiap hari.

— Brotowali
Sudah lama masyarakat kita mengenal obat ini karena khasiatnya yang memang luar biasa. Obat ini memang mempunyai rasa pahit yang sangat namun justru di balik rasanya yang tidak bersahabat itulah terkandung manfaat yang luar biasa, utamanya pada penderita diabetes mellitus.

Ya, brotowali memang sudah lama dikenal sebagai obat tradisional diabetes mellitus. Hal ini disebabkan karena tanaman ini kaya akan senyawa aktif yang bermanfaat pada kesehatan manusia.

Diketahui, brotowali mengandung alkaloid, palmatin, zat pahit pikroretin, hars, berbebrin, dan lain-lain. Karenanya, selain bisa menormalkan gula darah, brotowali juga mampu mengatasi berbagai penyakit lain seperti halnya rematik dan demam.

Untuk memanfaatkan brotowali sebagai obat tradisional diabetes, ambil sekitar 10 cm batang brotowali dan satu genggam akar pepaya gantung. Kedua bahan ini dicuci sampai bersih lalu rebus dengan air secukupnya di atas api sedang.

Setelah mendidih, angkat dan biarkan supaya dingin. Setelah suhu air rebusan tersebut normal, saring, dan minum setiap hari secara teratur, setidaknya dua kali sehari.

Cara lainnya adalah anda bisa merebus batang dan daun brotowali dalam air secukupnya di atas api sedang. Setelah mendidih, angkat, dan dinginkan. Selanjutnya, saring dan minum secara teratur setiap hari, setidaknya dua kali setiap hari.

Sebelum anda meminum rebusan air brotowali ini, anda harus makan terlebih dahulu. Sebab, brotowali ini berisiko menyebabkan sakit maag. Karenanya, sangat dianjurkan obat ini diminum setelah makan

11 Macam Obat Tradisional Asam Urat dan Diabetes Mellitus Paling Ampuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment