Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Thursday, September 8, 2016

Ajaib, Bergaul dengan Teman Ternyata Dapat Memperpanjang Umur

Bagi sebagian orang, bergaul dengan teman mungkin sesuatu yang harus sebab pada dasarnya bergaul sangat menyenangkan. Namun bagi sebagian yang lain, pergaulan adalah sesuatu yang susah untuk dilakukan karena satu dan lain hal. 

Tetapi yang perlu diingat bahwa Anda sebagai makhluk sosial tentu tetap membutuhkan pergaulan sehingga bisa dikatakan tidak ada manusia di dunia ini yang tidak pernah bergaul.



Keberadaan teman bergaul dalam kehidupan sosial sangatlah penting. Mereka tidak hanya akan memberikan pengaruh dalam pembentukan karakter Anda semata, namun juga memberikan kesenangan yang tidak terhingga. Untuk itu, memilih teman pergaulan sangat penting untuk menghindari terjadinya hal-hal yang kurang diinginkan di kemudian hari.

Oleh karena itu, bergaul dengan orang lain adalah hal yang harus Anda lakukan. Namun pastikan, orang-orang yang Anda ajak bergaul adalah orang-orang yang positif. Karenanya, Anda harus bisa memilih dengan siapa Anda harus bergaul.

Jika Anda bersama orang-orang yang positif, seburuk apapun kondisi yang menimpa Anda, maka Anda akan menghadapinya dengan sikap yang positif. Sikap inilah yang kemudian menjadikan Anda tetap bisa menjalani semua aspek kehidupan dengan baik.

Banyak orang yang menganggap sepele dengan masalah pergaulan sehingga sangat individualistic. Padahal, pergaulan baik dengan teman kerja maupun keluarga, sangat baik untuk umur Anda.

Kesimpulan ini berdasarkan atas penelitian yang dilakukan selama 20 tahun oleh tim dari Universitas Tel Aviv, Israel, yang meneliti hubungan antara pergaulan seseorang dengan rekan kerjanya.

Menurut hasil penelitian tersebut, Anda yang kurang bergaul, terutama seorang pekerja, Anda mempunyai risiko kematian 2,4 kali lebih besar dibandingkan dengan pekerja yang banyak bergaul.

Untuk itu, jangan segan-segan untuk meluangkan waktu untuk bergaul ketika ada waktu senggang. Bagi Anda yang bekerja di kantor, Anda bisa memanfaatkan sepulang kerja sebagai waktu alternatif untuk berkumpul dengan teman-teman kantor.

Menurut penelitian, kurangnya dukungan emosional di kantor, memicu pekerja mengalami kenaikan risiko kematian sebesar 140 persen, dalam 20 tahun mendatang. Hal ini dibandingkan dengan pada para pekerja yang mendapat banyak dukungan sosial di tempat kerjanya.

Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa dukungan emosional menjadi salah satu indikator penting dalam hal kondisi kesehatan di masa mendatang. Untuk itu, mereka menyarankan bahwa pentingnya coffee corner, tempat para pekerja bisa duduk santai sambil mengobrol. Ini bisa menjadi ruang untuk membangun kedekatan hubungan atau setidaknya mengenal satu sama lain. Atau, dibuat informal social outing dan family gathering secara teratur.

Yang menjadi perhatian di sini, pergaulan tidak hanya ditujukan pada Anda yang bekerja di kantor namun juga Anda yang bekerja di luar kantor. Untuk itu, Anda harus bisa membiasakan diri untuk bersantai ria dengan teman-teman Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan dari Brigham Young University, menghabiskan waktu santai atau bersenang-senang dengan teman-teman dapat mengurangi risiko kematian mendadak hingga setengahnya. Julianne Holt-Lustad, ketua penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kurang bersosialisasi, sama tidak sehatnya dengan mengonsumsi 15 batang rokok per hari.

Studi yang mengumpulkan informasi dari lebih 300 ribu partisipan dalam 148 penelitian, menemukan bahwa hubungan pertemanan yang kuat membawa pengaruh sangat positif terhadap kesehatan.

Teman bisa menjadi tempat untuk berbagi rasa, dan bisa menolong Anda saat sedang kesusahan. Berkumpul bersama teman juga membuat suasana hati senang dan bisa mengusir stres serta kepenatan.

Ajaib, Bergaul dengan Teman Ternyata Dapat Memperpanjang Umur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment