Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Thursday, September 29, 2016

Beberapa Alasan Mengapa Anda harus Melakukan Senam Aerobik

Ada banyak alasan mengapa Anda harus melakukan senam aerobik. Beberpa alasan dimaksud ialah sebagai berikut.
 


Stamina dan daya tahan tubuh menurun
Ketika Anda merasa capek atau mudah lelah, itu pertanda bahwa stamina Anda sedang menurun. Karenanya, Anda sangat disarankan untuk melakukan senam aerobik untuk memulihkan stamina Anda. 



Jkia tidak segera ditangani, menurunnya stamina ini bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Anda akan loyo dan tidak bertenaga sehingga tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Karenanya, luangkan waktu Anda untuk melakukan senam aerobik ini supaya stamina Anda kembali normal sehingga Anda kembali bisa beraktivitas dengan lancar.

Mengalami gangguan jantung
Seiring dengan bertambahnya usia, apalagi dengan pola hidup dan pola makan yang kurang baik, Anda adalah salah seorang yang mempunyai risiko penyakit jantung. Penyakit jantung ini banyak sekali jenisnya, dari mulai yang paling berat seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner hingga yang tergolong lebih ringan. Pun Anda sebagai penderita biasanya kerapkali terkena lebih dari satu gangguan (komplikasi).

Beberapa jenis gangguan jantung yang harus Anda waspadai ialah seperti aterosklerosis. infark miokard akut, kardiomiopati, arritmia, dan gagal jantung kongestif. Gangguan jantung lainnya ialah seperti, fibrilasi atrial, inflamasi jantung, penyakit jantung rematik, dan kelainan katup jantung.

Semua gangguan jantung ini sangat berbahaya namun yang paling berbahaya ialah aterosklerosis. Sebab ini bisa menyebabkan serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

Jika Anda mengalami gangguan jantung seringan apapun, apalagi mengalami salah satu dari gangguan jantung di atas, sangat disarankan untuk melakukan senam areobik. Sebab, aerobik adalah senam yang mampu membuat fungsi jantung jauh lebih baik. Selain itu, aerobik juga membuat jantung menjadi lebih kuat.

Sebagaimana diketahui bahwa senam aerobik adalah salah satu latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk jantung. Pada saat Anda melakukan senam ini, denyut jantung akan berkurang dan bahkan jantung juga memproses lebih banyak oksigen dan meningkatkan kekuatan pemompaan darah.

Selain itu, senam aerobik juga mampu membuat jantung mencapai kebugaran fisik yang lebih baik dengan memperlambat denyut jantung istirahat menjadi sekitar 60 detak per menit.

Mempunyai berat badan berlebih
Obesitas saat ini tidak hanya menjadi penyakit orang dewasa namun anak-anak juga mempunyai risiko mengalami penyakit ini. Untuk Anda yang mempunyai berat badan ideal, bersyukurlah, sebab Anda tidak mempunyai risiko mengalami berbagai penyakit yang diakibatkan oleh obesitas. Sedangkan bagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas, lebih baik Anda lakukan senam aerobik.

Diketahui bahwa senam aerobik ini mampu memberikan Anda berat badan yang ideal. Hal ini disebabkan karena senam aerobik yang dilakukan dengan rutin mampu membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh. Akibatnya, Anda tidak hanya akan mempunyai tubuh yang lebih bagus. Anda juga telah melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit, terutama yang berkaitan dengan obesitas.

Tensi meningkat
Hipertensi juga bisa menyerang siapa saja namun umumnya lebih banyak menyerang orang tua. Jika Anda mengalami beberapa gejala hipertensi, yang paling terasa adalah kepala sering pusing dan tak kunjung sembuh, segera lakukan senam arerobik ini.

Efek aerobik terhadap penurunan tekanan darah ini cukup terasa. Namun tentu saja aerobik tersebut harus dilakukan dengan rutin setiap hari atau paling tidak dua hari sekali.

Tidak hanya menurunkan tekanan darah, aerobik yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu menempatkan tekanan pada batas normal. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi, segera lakukan aerobik supaya tekanan darah Anda kembali ke batas normal. Sebab jika ini dibiarkan dalam waktu lama, hipertensi bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Karena hipertensi adalah penyakit yang timbul tanpa gejala, maka Anda harus melakukan pemeriksaan tensi darah ini secara berkala, baik ke puskesmas, klinik, maupun rumah sakit. Hal ini bertujuan sebagai pencegahan. Selain itu, hindari berbagai makanan yang menyebabkan meningkatnya tensi Anda.

Mengalami gejala diabetes
Diabetes adalah penyakit gula yang disebabkan karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit progresif kronik karena bisa terus memburuk dan berlangsung menahun. Bahkan lebih buruknya, jika diabetes ini tidak terdeteksi sejak dini dan tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, bisa terjadi komplikasi.

Karenanya, diabetes ini adalah penyakit yang harus Anda waspadai supaya bisa dideteksi waktu dini. Pendeteksian dini ini memungkinkan Anda bisa melakukan pengobatan sejak dini pula dan ini memberikan tingkat kesembuhan yang lebih besar.

Diabetes juga harus bisa dikendalikan supaya tidak menyerang Anda, salah satunya adalah dengan cara melakukan senam aerobic secara rutin. Senam aerobik bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

Senam aerobik juga bermanfaat dalam meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Dengan begitu, gula darah yang berada di luar atau aliran darah, sehingga kadar gula darah tinggi, dapat masuk ke dalam sel.

Aerobik juga dapat menurunkan beberapa hal terkait diabetes. Beberapa di antaranya ialah kadar HbA1C (hemoglobin atau sel darah merah yang telah bercampur dengan glukosa) dan fasting blood sugar (kadar gula darah setelah tidak makan selama minimal 8 jam), dan trigliserida.

Namun begitu, sebelum Anda melakukan senam aerobik, ada baiknya Anda melakukan kontrol gula darah terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kadar gula Anda.

Jika kadarnya kurang dari dari 100 mg/dL, sebelum latihan, ada baiknya Anda harus mengonsumsi karbohidrat terlebih dahulu. Sebaliknya, jika kadarnya lebih dari 250 mg/dL, sebaiknya Anda menunda latihan.

Selain latihan aerobik di atas, Anda perlu melakukan olah fisik lain yang juga termasuk ke dalam kategori olahraga aerobik. Olah fisik dimaksud ialah termasuk jogging, berenang, dan bersepeda baik. Hal ini bisa dilakukan setiap hari dengan durasi sekitar 30—60 menit. Selain itu, lakukan latihan ini antara 3—5 hari dalam seminggu.

Mengalami gejala kolesterol tinggi
Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh namun jika kadarnya berlebihan, tentu saja bisa menjadi masalah. Berbagai penyakit akibat kolesterol jahat yang berlebihan ini bisa menyerang Anda kapan pun dan karenanya Anda perlu melakukan perubahan pola makan.

Di samping itu, Anda juga sangat dianjurkan untuk melakukan senam aerobik. Sebab senam ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dengan sangat baik. LDL ini adalah penyebab utama terjadinya serangan jantung.

Aerobik dapat mempunyai manfaat seperti itu karena ia adalah senam yang dapat membuat jantung memompa lebih kuat dan lebih cepat sehingga bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Meningkatnya metbolisme ini menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang membakar kalori lebih banyak dalam darah yang berasal dari lemak LDL kolesterol (kolesterol jahat). Hal ini pun secara otomatis dapat mengurangi kolesterol dalam arteri sehingga memperlancar sirkulasi darah.

Untuk mendapatkan hal seperti ini, tentu saja senam aerobik harus ilakukan secara rutin, 2 x 24 jam, atau dua hari sekali. Hal ini disebabkan karena hormon yang mendeteksi gerakan teratur ini baru terstimulasi untuk berproduksi setelah kurun waktu 2 x 24 jam.

Sedang stres
Banyaknya masalah, kadang kala membuat Anda merasa tertekan sehingga bisa berujung pada kondisi stres. Stres ini jika dibiarkan lama, bisa mengakibatkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan, sebut saja misalnya hipertensi. Karenanya, stres harus diatasi dengan baik untuk menghindari terjadinya kondisi yang lebih buruk.

Senam aerobik adalah salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi stres. Hal ini disebabkan karena aerobik sangat efektif dalam membantu mengatasi stres.

Dalam konteks ini, aerobik mampu memberikan efek yang sangat baik dalam keseharian Anda seperti timbulnya perasaan gembira dan perasaan positif dalam menjalani segala aktivitas seharian penuh. Dengan begitu, tekanan dalam pikiran Anda secara otomatis akan hilang sehingga stres pun hilang.

Senam aerobik harus dilakukan secara rutin, 5 atau 7 kali selama seminggu. Adapun durasi maksimalnya, aerobik dapat dilakukan selama kurang lebih 30 menit.

Beberapa Alasan Mengapa Anda harus Melakukan Senam Aerobik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment