Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Monday, September 19, 2016

Gejala Kanker Paru Sebenarnya Tidak Samar, Baca Ulasannya di Sini

Banyak orang mengira bahwa kanker paru timbul tanpa gejala. Ini tentu saja salah besar. Kanker paru timbul dengan berbagai gejala sebagai alarm kanker paru namun banyak orang yang tidak menyadarinya karena sangat samar. 

source: docbao.vn

Karenanya, banyak orang yang kecolongan terhadap serangan serangan kanker ini, apalagi gejala yang timbul biasanya sangat samar dan muncul ketika sudah memasuki stadium tinggi (baca: lanjut). Penderita biasanya baru menyadarinya setelah datang ke dokter untuk beberapa keluhan kesehatan yang sedang dideritanya yang sebenarnya itu salah satu gejala kanker paru stadium lanjut.

Gejala kanker paru ini tidak menunjukkan sebagai perubahan yang mengkhawatirkan sebab timbul menyerupai penyakit harian. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa gejala kanker paru yang sangat samar tersebut.

Batuk berlangsung lama
Setiap manusia pernah mengalami batuk. Dan batuk sangat identik dengan penyakit harian sehingga bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika batuk terjadi dengan waktu yang cukup lama, dua minggu lebih, apalagi disertai dengan batuk yang semakin buruk, ini tentu saja bukan batuk biasa.

Batuk yang diderita yang terjadi secara terus-menerus sudah jelas bukan batuk harian namun sebuah gejala dari berbagai penyakit yang menyerangnya. Salah satu penyakit yang bisa dicurigai adalah kanker paru-paru.

Batuk ini biasanya sebagai gejala awal dari kanker paru-paru. Karenanya, jika anda mengalami batuk yang tidak berkesudahan dan semakin hari semakin memburuk, segera periksakan diri ke dokter.

Batuk disertai darah
Batuk yang terjadi kerap kali disertai darah di mana semakin hari semakin banyak. Karenanya, jika anda mengalami batuk lebih dari dua minggu, sebaiknya periksa dahak anda, apakah mengandung darah atau tidak.

Kanker paru yang tumbuh ke pembuluh darah bisa menyebabkan perdarahan. Bahkan darah bisa keluar bersama dahak dengan sangat banyak karena terjadi perdarahan yang sangat hebat.

Nafsu makan berkurang dan tubuh semakin melemah
Napsu makan penderita semakin hari semakin menurun dan terjadi secara drastis. Bahkan ini terjadi tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini disertai oleh kondisi tubuh yang semakin kurus dan melemah.

Sakit dada
Awal mulanya mungkin sakit dada yang dirasakan hilang timbul dan kadang kala dicurigai sebagai akibat dari batuk. Namun lama kelamaan, sakit dada bisa semakin hebat, apalagi jika kanker sudah bermetastase ke berbagai jaringan tubuh lainnya, termasuk ke dinding dada. Jika ini terjadi, sakit dada yang dirasakan oleh penderita bisa menetap.

Sesak napas semakin hebat
Pada stadium dua ke atas, sesak napas bisa terjadi ketika paru-paru sudah dipenuhi oleh cairan yang tertimbun. Hal ini disebabkan karena paru-paru tidak bisa berfungsi dengan baik akibat adanya cairan tersebut. kondisi ini akan semakin parah jika kanker tersebut sudah semakin membesar.

Terdapat pembengkakan
Pada stadium lanjut, biasanya terjadi pembengkakan pada area wajah dan leher. Kondisi ini disebabkan oleh kanker yang sudah bermetastase semakin luas ke berbagai jaringan dan saraf leher dan sekitarnya.

Pada tahap ini, kadang kala disertai oleh sebuah kondisi yang disebut sindroma Horner. Kondisi ini ditandai oleh adanya beberapa perubahan seperti kelopak mata menutup, pupil menjadi kecil, mata menjadi cekung, dan keringat berkurang di salah satu sisi wajah.

Berbagai gejala lain
Selain gejala di atas, kanker paru juga disertai dengan beberapa gejala lain seperti susah tidur, sakit kepala, nyeri atau retak tulang. Hal ini biasanya terjadi tanpa sebab yang jelas. Lebih dari itu, penderita juga sering kali mengalami demam tinggi, berkeringat, suara serak/parau, dan lain sebagainya.

Gejala Kanker Paru Sebenarnya Tidak Samar, Baca Ulasannya di Sini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment