Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Tuesday, September 27, 2016

Ingin Panjang Umur? Rajinlah Minum Susu

Susu adalah minuman sehat yang bagus diminum setiap hari. Susu yang Anda minum umumnya berasal dari susu sapi. Selain susu sapi ada juga susu kerbau, susu kambing, dan sebagainya. Susu ini dapat dimakan langsung atau dijadikan bahan makanan yang aman dan sehat.


Sebagai bahan makanan / minuman, susu mempunyai nilai gizi yang tinggi, karena mengandung unsur-unsur kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan dimaksud ialah seperti Kalsium, Phosphor, Vitamin A, Vitamin B, dan Riboflavin yang tinggi.

Dari itu, susu cair alami yang memiliki kandungan gizi lengkap merupakan bagian dari makanan seimbang yang bermanfaat tidak hanya bagi anak-anak, namun juga untuk remaja, dewasa, dan lanjut usia.

Sebagaimana dikatakan Erif Kemal Syarif & Bagus Harianto dalam buku Buku Pintar Beternak & Bisnis Sapi Perah, dalam per 100 gram, gizi susu sapi mendung komposisi kalori 61 Kkal, protein 3,2 gram, lemak 3,5 gram, karbohidrat 4,3 gram, kalium 1.200 mg, kalsium 143 mg, fosfor 694 mg, besi 1,7 mg, vitamin B1 0,03 mg, dan vitamin C sebanyak 1 mg. Susu juga mengandung karbohidrat berupa laktosa. Karena sifat gulanya yang tidak terlalu manis, gula laktosa susu tidak terlalu merusak gigi.

Zat gizi lain yang terkandung dalam susu adalah lemak, sumber vitamin larut lemak seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin D. Susu juga menjadi sumber asam lemak esensial dan hormon. Selain itu, susu juga menjadi sumber kalsium dan fosfor yang sangat baik, yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Mineral seperti magnesium, zat besi, kalium, yodium, natrium, selenium, dan zinc, juga terkandung dalam susu. Selain itu, susu juga mengandung karbohidrat berupa laktosa. Karena sifat gulanya yang tidak terlalu manis, gula laktosa susu tidak terlalu merusak gigi.

Jika Anda meminum dua gelas susu setiap hari dan masing-masing dengan takaran 200 cc, maka hal ini sangat baik karena dapat memenuhi kebutuhan 250 Kkal/hari, atau sekitar 1/6 kebutuhan kalori remaja yang sekitar 1.500 Kkal per hari. Dan tingginya kandungan kalori dalam susu ini, membuatnya sangat cocok diberikan pada siapa saja, termasuk remaja, ibu hamil, anak-anak, remaja, dan lansia.

Susu juga penting dikonsumsi karena minuman ini bisa menjaga sistem imun manusia sehingga tubuh kebal terhadap penyakit. Hal ini disebabkan karena sebagian besar protein susu adalah Casein yang terdiri atas albumin dan globulin yang bisa menjaga sistem imun. Selain itu, protein dalam susu juga mempunyai nilai biologi tinggi yang memberikan asam amino esensial. Hal ini tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh.

Bagi orang dewasa dan lansia, susu dianjurkan untuk tetap dikonsumsi minimal dua gelas sehari pada pagi dan malam hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu, susu tidak hanya berperan menyehatkan tulang, vitamin D juga diklaim mampu melindungi tubuh dari bahaya penyakit kronis seperti diabetes, kanker, hipertensi, dan penyakit jantung.

Bahkan menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Bristol dan Queensland Institute of Medical Research, Australia sebagaimana dimuat dalam jurnal Heart, bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu dan produk susu lebih banyak, mempunyi risiko terkena stroke dan sakit jantung lebih rendah daripada anak-anak yang tidak minum susu saat dewasa. Dengan begitu, tidaklah mengherankan jika dikatakan bahwa minum susu setiap hari bisa meningkatkan angka harapa hidup manusia.

Ingin Panjang Umur? Rajinlah Minum Susu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment