Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Friday, September 30, 2016

Manfaat Senam Terhadap Tubuh dan Pikiran yang Harus Anda Ketahui

Karena gerakan dalam senam memang dirancang sedemikian rupa, maka senam bukanlah aktivitas biasa. Senam adalah gerakan yang mempunyai banyak manfaat luar biasa, terutama bagi kesehatan, baik terhadap kesehatan fisik maupun psikis. 

sumber: volimaniak.com

Sebenaranya, itulah tujuan utama senam diciptakan oleh para pakar. Senam diciptakan sebagai penyembuh bagi setiap manusia yang mengali gangguan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun jasmani.

Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari senam tersebut. Namun begitu, bahasan berikut adalah penjelasan manfaat senam secara umum, sebab beda senam maka beda pula manfaat yang didapat.

1. Manfaat senam bagi tubuh
Senam merupakan olahraga yang mempunyai gerakan-gerakan perpaduan dari kekuatan, kecepatan dan keserasian. Perpaduan inilah yang kemudian menyebabkan senam termasuk ke dalam salah satu olahraga yang menyehatkan.

Gerakan-gerakan perpaduan tersebut, melatih tubuh untuk selalu bisa segar, otot menjadi lebih bugar, dan juga meningkatkan metabolisme tubuh.

Secara garis besar, sebagai salah satu jenis olahraga, senam mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat dimaksud ialah sebagai berikut.

─ Memperkuat otot tangan dan kaki
Sebagaimana diketahui bahwa senam sebagai kegiatan utama yang banyak memberikan manfaat terhadap perkembangan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Karenanya, Anda yang sering melakukan senam akan mengalami perkembangan otot (baik tangan maupun kaki) yang sangat baik, terutama bagi Anda yang masih usia anak-anak. Hal ini disebabkan karena dalam senam sebagian besar gerakannya bertumpu pada kedua area anggota badan tersebut, otot tangan dan kaki. Keduanya menjadi pusat gerakan dalam senam, baik dalam gerakan lokomotor maupun non-lokomotor.

─ Membantu melancarkan sistem pernafasan
Tidak hanya melatih organ luar, senam yang dilakukan dengan tepat juga dapat melatih organ dalam. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan dalam senam dapat membuat paru-paru bekerja dengan lebih baik. Tidak hanya itu, gerakan-gerakan dalam senam juga bisa membuat oksigen dalam darah juga bisa mengalir lebih lancar. Semua ini kemudian membuat kondisi sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

─ Memperlancar peredaran darah
Pada gerakan-gerakan tertentu, senam memang dapat melancarkan peredaran darah. Namun secara keseluruhan, senam sangat efektif dalam melancarkan peredaran darah. Hal ini disebabkan karena gerakan dalam senam bisa meningkatkan suhu tubuh dan hal inilah yang kemudian memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kondisi pembuluh darah.

Dengan melakukan senam secara teratur, maka timbunan lemak yang mungkin memenuhi arteri dalam tubuh terbakar secara bertahap sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Kondisi ini menyebabkan Anda terhindar dari berbagai penyakit serius, misalnya jantung dan stroke.

─ Menjaga berat badan ideal dan membentuk tubuh
Seperti olahraga pada umumnya, senam juga sangat efektif dalam membakar kalori. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan dalam senam bisa membakar kalori dan karenanya aktivitas fisik ini sangat baik dilakukan untuk menjaga berat badan. 

Bagi Anda yang mempunyai berat badan berlebih, sangat disarankan untuk melakukan senam ini. Lemak-memak dan kalori lambat laun akan hilang sesuai dengan intensitas Anda dalam melakukan senam tersebut. Pun cadangan energi yang biasanya tersimpan berupa lemak pada beberapa bagian tubuh, menjadi terbakar sehingga tubuh tidak memberikan kesempatan lemak menjadi penyebab obesitas.

Selain itu, senam juga berperan penting dalam memperbaiki kondisi tubuh. Tubuh yang mungkin sebelumnya kurang bagus di mana mungkin salah satunya kurang tegap, dengan senam yang teratur, tubuh bisa menjadi tegap dan tidak membungkuk lagi sesuai yang diharapkan.

Dengan senam, perutpun yang mungkin sebelumnya buncit akibat obesitas atau mungkin hanya kurang rata, bisa menjadi sixpack dengan senam. Pun otot tubuh yang terlatih akibat senam ini bisa terbentuk lebih kenyal, elastis, dan tidak menggelambir, sehingga bentuk tubuh pun tampak mejadi lebih ramping.

Mengurangi risiko Osteoporosis
Orang-orang yang mengalami osteoporosis ialah sebagian besar dari mereka adalah orang-orang yang tidak melakukan senam atau olahraga dalam hidupnya. Osteoporosis dipandang sebagai gangguan yang kurang serius dan bahkan penyakit ini timbul tanpa gejala yang khas. Osteoporosis sendiri merupakan kondisi berkurangnya massa tulang sehingga tulang menjadi menipis, keroposm rapuh, keropos, dan mudah patah.

Dengan melakukan senam, Anda bisa mencegah risiko terjadinya penyakit osteoporosis. Hal ini disebabkan karena beberapa gerakan dalam senam dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis ini. Bebera contoh gerakan dimaksud ialah seperti latihan beban, gerakan dinamis dan ritmis, dan latihan daya tahan.

Gerakan-gerakan ini diketahui mampu peningkatan kepadatan tulang. Selain gerakan-gerakan tersebut, latihan kekuatan (strengthening) juga bisa mencegah osteoporosis. Yang dimaksud dengan latihan kekuatan di sini ialah latihan kontraksi otot berulang dan ini dilakukan sebanyak 8—15 kali.

Latihan ini dilakukan secara rutin antara 2—4 kali seminggu. Adapun jenis senam yang bisa menjaga ketahanan tulang dan persendian adalah senam aerobik jenis low impact.

Membantu menyembuhkan penyakit asma
Asma merupakan gangguan inflamasi kronis pada jalan napas dan paru-paru. Karenanya, penyakit ini disebut sebagai gangguan yang menyerang pernapasan. Dan meski bisa disembuhkan, namun asma bisa kembali kambuh dan karenanya pengobatan tepat harus dilakukan.

Pengobatan pada penyakit ini tentu saja tidak bergantung pada obat-obatan semata namun bisa dilakukan dengan cara melakukan senam. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan dalam senam bisa menyembuhkan penyakit asma ini. Selain itu, senam juga bisa membantu proses pengobatan senam bisa lebih cepat.

Senam secara umum memang sangat bermanfaat untuk penyembuhan asma. Namun demikian, ada senam yang memang khusus untuk penderita asma dan senam tersebut disebut senam asma. Seman ini merupakan kreasi senam yang memang secara khusus dirancang untuk penderita asma.

Senam yang diciptakan tahun 1985 ini setidaknya dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan durasi 45 menit. Adapun gerakan senam ini ialah terdiri dari pembukaan, gerak inti A dan gerak inti B, ada gerakan aerobik, lalu pendinginan.

2. Manfat senam bagi pikiran
Senam juga sangat penting bagi pikiran sebab bisa mengatasi berbagai gangguan psikologis sebagaimana berikut.

Mengatasi stres dan efek buruk akibat stres
Diketahui, senam sangat jitu dalam mengatasi stres dan juga mengurangi efek buruk yang ditimbulkan akibat stres. Hal ini disebabkan karena senam bisa membuat Anda lebih rileks dan membalikkan efek buruk stres pada proses penuaan. Selain itu, senam juga bisa membantu mengubah aliran darah ke daerah-daerah di otak yang terlibat dalam meringankan stres.

Mengurangi depresi
Dampak positif lain dari senam terhadap masalah psikologis adalah mengurangi depresi. Hal ini disebabkan karena senam atau aktivitas fisik lainnya bisa merangsang munculnya keringat dan ini bisa mengurangi gejala depresi.

Dalam konteks ini, senam juga dapat merangsang pertumbuhan neuron pada area tertentu pada bagian otak  yang rusak selama depresi. Bahkan senam juga mampu meningkatkan produksi molekul otak yang bisa meningkatkan hubungan antarsel saraf sehingga hal ini mampu menjadi antidepresan alami.

─ Lebih peka
Ketika Anda rajin melakukan senam, maka Anda akan lebih peka dalam memahami dan mempelajari sesuatu. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan dalam senam mampu meningkatkan pertumbuhan otak sehingga bermuculan sel-sel baru yang kemudian menjalin koneksi baru antarasel otak. Hal inilah yang akan meningkatkan kepekaan Anda dalam belajar.

Lebih percaya diri
Senam juga mampu meningkatkan percaya diri karena mampu memberikan manfaat yang cukup besar terhadap pembentukan tubuh Anda. Dengan senam, tubuh Anda menjadi lebih seksi dan sintal. Bahkan beberapa kondisi yang kurang menarik dari tubuh Anda bisa diubah menjadi bentuk tubuh yang lebih indah.

Fres dan bahagia
Tentu saja dengan melakukan senam yang rutin, pikiran Anda akan menjadi lebih fresh. Pikiran Anda lebih bahagia dan merasa lebih bahagia sepanjang hari. Hal ini disebabkan karena senam dapat meningkatkan pelepasan hormon endorphine, hormon yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

Manfaat Senam Terhadap Tubuh dan Pikiran yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment