Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Tuesday, September 20, 2016

Tanda-tanda Kanker Payudara yang Harus Diketahui Oleh Kaum Wanita

Gelaja kanker payudara termasuk yang paling mudah untuk dikenali karena kanker ini menyerang organ luar yang sangat kasat mata. Namun begitu, karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman wanita terhadap gejala kanker payudara, membuat kanker ini sulit dikendalikan. Sebab, kanker biasanya baru terdeteksi setelah kanker membesar.

sumber: obatliveralami.com

Kanker payudara bisa dicegah dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau yang disingkat dengan SADARI. Dengan SADARI, anda akan bisa mencegah dan melakukan pengobatan sedini mungkin.

Namun, lagi-lagi, karena kekurangtahuan, mereka tetap sering kali kecolongan. Tiba-tiba kanker sudah membesar dan sulit untuk disembuhkan. Akibatnya, kematian adalah hal yang harus ditanggung sebagai konsekuensi logisnya.

Untuk itu, agar Anda bisa melakukan deteksi dini dan mendapatkan pengobatan sedini mungkin, perlu mencermati beberapa gejala yang mungkin samar kelihatannya namun sangat nyata keberadaannya.

Gejala-gejala yang akan dibahas di sini adalah gejala dini dari keberadaan kanker payudara Anda sebagaimana berikut.

Awal serangan tidak timbul rasa sakit
Pada awal serangan, kanker payudara mungkin tidak menimbulkan rasa sakit apapun. Namun ketika kanker sudah mulai membesar, bahkan membengkak dan terjadi borok dan berkembang (metastase) ke tulang-tulang, akan terasa sakit yang sangat. Kondisi ini kemudian dibarengi dengan membengkaknya kelenjar getah bening pada ketiak. Selain itu, hal yang juga sering terjadi adalah pembengkakan pada lengan.

Terdapat benjolan
Tanda yang pertama dari kanker payudara adalah adanya benjolan pada area payudara. Benjolan ini tampak nyata jika anda mencoba merabanya. Benjolan ini bersifat permanen dan akan selalu ada sepanjang belum mendapatkan pengobatan. Ketika diraba, benjolan itu tampak keras dan tidak menimbulkan rasa nyeri.

Benjolan semakin membesar
Meski permanen, benjolan ini seiring dengan berkembangnya waktu akan semakin membesar. Hal ini bisa menimbulkan perubahan pada kulit dan puting payudara. Kulit payudara kadang kala berubah warna menjadi seperti kulit jeruk, mengerut, atau bahkan timbul borok.

Borok ini semakin hari akan semakin besar hingga menutupi seluruh payudara. Jika sudah parah, borok ini mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bahkan borok ini bisa menular ke salah satunya.

Perubahan lainnya adalah di mana bentuk dan ukuran payudara kadang kala juga mengalami perubahan. Bahkan pada kasus puting payudara, kadang kala sampai masuk ke dalam atau tertarik ke dalam.

Keluar cairan
Kanker payudara juga dicirikan dengan keluarnya cairan dari putting susu yang berwarna merah atau cokelat. Cairan ini hanya terjadi pada satu sisi saja (misalnya kanan saja atau kiri saj) dan keluar secara terus-menerus.

Tanda-tanda Kanker Payudara yang Harus Diketahui Oleh Kaum Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment