Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Monday, October 31, 2016

3 Alasan Penting Mengapa para Lansia Harus Melakukan Medical Check Up secara Berkala

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang menginginkan dirinya sengsara karena suatu penyakit yang tak kunjung sembuh, bahkan hingga komplikasi, utamanya mereka yang usia lanjut. Namun demikian, sejauh ini masih jarang orang yang peduli dengan kesehatan dirinya.

Pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat, menjadi pilihan mereka. Bahkan mereka bangga dengan gaya mereka karena menganggap apa yang dilakukannya sebagai sebuah trendi.

Namun tahukah Anda bahwa pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat, utamanya ketika masih usia muda, menjadi cikal-bakal timbulnya beragam penyakit di usia tua?

Ya, pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat menjadi lahan berkembangnya berbagai penyakit, mulai penyakit ringan hingga berat. Berbagai penyakit degeneratif menjadi ancaman nyata bagi mereka.

Namun demikian, bukan berarti pola makan dan gaya hidup sehat dapat menghindari sama sekali dari penyakit degeneratif pada usia tua. Hanya saja, dengan melakukan semua itu, penyakit degeneratif bisa dicegah, atau minimal mengurangi tingkat keparahannya.

Tidak hanya itu, pola makan dan gaya hidup sehat juga dapat mencegah beberapa penyakit berat lainnya yang berkaitan dengan pola dan gaya hidup yang tidak sehat seperti kanker, diabetes, kolesterol, dan beberapa penyakit lainnya.

Itulah sebabnya mengapa usia lanjut menjadi sangat menakutkan bagi sebagian orang, khsusunya yang tidak bisa menjaga pola makan dan gaya hidupnya sejak usia muda. Untuk itu, dalam upaya mendapatkan hidup yang sehat, lansia memerlukan pemeriksaan berkala di pusat-pusat layanan medis. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi adanya berbagai gangguan kesehatan pada lansia sehingga jika ditemukan memungkinkan pengobatan bisa segera dilakukan.



Pemeriksaan ini tentu sangat mudah untuk kita dapatkan sebab beberapa pusat kesehatan seperti klinik, puskesmas, dan rumah-rumah sakit dapat kita jumpai dengan pelayanan yang sangat baik. Bahkan, beberapa kalangan sudah banyak yang membuka layanan kesehatan lansia ini dengan program pemeriksaan berkala dari semua jenis penyakit, mulai dari pemriksaan kolesterol, asam urat, diabetes, dan sebagainya.

Beberapa alat tes kesehatan seperti pemriksaan kolesterol, asam urat, diabetes, tekanan darah, dan lain sebagainya, telah banyak beredar di pasaran. Jadi bagi Anda yang kurang berminat mendatangi dokter atau pusat layanan kesehatan, Anda dapat melakukan pemeriksaan sendiri di rumah dengan menggunakan alat bantu tersebut.

Namun demikian, Anda tetap dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke pusat layanan kesehatan. Hal ini disebabkan karena pemeriksaan yang dilakukan sendiri di rumah tidak cukup karena dikhawatirkan terjadinya kesalahan dalam pemeriksaan sendiri.

Mencegah dan mendeteksi penyakit sedini mungkin
Sekali lagi, di sini kita perlu sadar bahwa banyak sekali penyakit yang timbul tanpa gejala yang khas, bahkan sama sekali tidak ada gejala. Sebut saja minsalnya penyakit jantung dan stroke. Beberapa penyakit ini sering disebut sebagai penyakit pembunuh secara diam-diam.

Ketika penyakit ini menyerang kita, kita tidak akan pernah tahu sebab tidak ada sinyal yang dapat kita kenali. Tiba-tiba saja jatuh sakit dan meninggal dalam jarak waktu yang relatif pendek dari waktu ditemukannya gejala.

Ingat, ini bukan hanya masalah penyakit ganas dan mematikan dalam beberapa waktu dan ini juga bukan penyakit yang tidak ada obatnya. Ini adalah masalah keteledoran kita sebab biasanya penyakit ini telah lama menyerang Anda, hanya saja Anda tidak menyadarinya selama ini dan terlambat ditemukan.

Ketika penyakit ini ditemukan dalam kondisi seperti ini (baca: ditemukan terlambat), menjadi sulit untuk disembuhkan.

Bagaimana kita dapat mengetahui kondisi kita, apakah sehat  atau tidak? Kita tidak bisa mengukur hanya dari diri kita sendiri tidak merasakan adanya keluhan tertentu, karena semua bagian dari tubuh kita tidak merasakan sakit dalam bentuk apapun. Lalu bagaimana pula caranya untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit semacam ini? Inilah pentingnya melakukan pemeriksaan berkala, utamanya bagi para lansia.

Pemeriksaan berkala dapat menolong dan membantu Anda untuk mendeteksi lebih dini adanya kemungkinan penyakit yang akan menyerang Anda, termasuk penyakit-penyakit yang tidak menimbulkan gejala yang jelas. Dengan mengetahui lebih dini, maka angka kesakitan dapat dicegah, dan bahkan angka kematian juga dapat dikurangi.

Mengendalikan penyakit dan mendeteksi dini terjadinya komplikasi
Jelas saja pemeriksaan rutin bisa mengendalikan penyakit sebab ketika suatu penyakit terdeteksi lebih dini, pengobatannya pun lebih mudah dilakukan. Bahan ini mempunyai tingkat keberhasilan yang sangat tinggi hingga mencapai 100%.

Penyakit-penyakit tersebut, dapat disembuhkan sehingga penderita bisa bebas dari penyakit yang membahayakan. Dan beberapa gejala yang mungkin dirasakan selama ini secara otomatis juga hilang.

Dari itu, tujuan utama pemeriksaan secara rutin ini adalah mengendalikan penyakit. Dan tujuan pengendalian penyakit adalah mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala diabetes yang timbul, memperbaiki kualitas hidup, mencegah komplikasi akut dan kronik, serta mengurangi laju perkembangan komplikasi yang sudah ada.

Memberikan pengobatan secepat mungkin
Pemeriksaan berkala juga dapat memungkinkan seseorang mendapatkan penanganan langsung sesuai dengan penyakit atau mungkin komplikasi yang ditemukan dalam sebuah diagnosis.

Misalnya seseorang yang dalam pemeriksaan berkala ditemukan kadar darahnya meingkat, ia akan mendapatkan pengobatan langsung untuk mencegah perkembangan penyakit dengan memberikan obat penurun tekanan darah.

Bahkan pengobatan juga ditujukan untuk penyembuhan penyakit secara langsung, baik obat yang diberikan langsung oleh dokter ataupun melalui resep yang direkomendasikan dokter. Pemberian pengobatan ini biasanya akan disesuaikan dengan kondisi penyakit terkini.

Inilah pentingnya melakukan Medical Check Up secara rutin. Medical Check Up yang dilakukan juga akan mengurangi kematian penderita. Hal ini akan menjadi lebih penting lagi untuk dilakukan bagi Anda yang mempunyai faktor-faktor risiko penyakit tertentu.

Untuk itu, Medical Check Up mempunyai manfaat penting bagi kesehatan semua umur, terutama lansia, dalam menjaga kesehatan dan ini dapat memberikan harapan hidup yang lebih tinggi bagi penderita.

Dengan melakukan Medical Check Up, seseorang akan dapat meminimalisir penyakit-penyakit yang mungkin akan menyerangnya. Medical Check Up juga akan menolong pasien dengan memberikan pengobatan cepat dan tepat guna kesembuhan pasien.

3 Alasan Penting Mengapa para Lansia Harus Melakukan Medical Check Up secara Berkala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment