Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Saturday, October 1, 2016

Beberapa Alasan Anda harus Melakukan Senam Kegel Saat ini Juga

Senam kegel sangat penting dilakukan dengan rutin karena mempunyai banyak manfaat. Hal ini sangat disarankan pada Anda yang mempunyai beberapa keluhan sebagai berikut.


Sumber: laksani.com

─ Mencegah turunnya rahim
Ketika Anda sedang hamil, kadang kala Anda mempunyai risiko mengalami turunnya atau peranakan turun (Vaginal prolapse atau prolaps uterus) rahim yang biasanya terjadi setelah persalinan. Hal ini disebabkan karena proses kehamilan dan persalinan yang terlalu sering sehingga organ panggul bergeser sehingga terjadilah "peranakan turun" atau "turun berok".

Kondisi ini bisa terjadi ketika organ panggul yang meliputi rahim, kandung kemih, sampai rektum, bergeser dan turun ke dalam vagina, bahkan keluar dari organ kemaluan. Kondisi ini dapat mengakibatkan ketidakmampuan dari otot pelvis untuk bisa menopang rahim.

Setiap kehamilan mempunyai risiko Vaginal prolapse. Namun demikian, terdapat beberapa kondisi kehamilan yang cenderung mempunyai risiko lebih tingggi. Beberapa di antaranya ialah seperti  kehamilan ganda atau kembar, ukuran bayi yang besar, proses kelahiran lama, kehamilan terlalu sering, dan penggunaan alat vakum.

Semua kondisi ini berisiko tinggi mengalami Vaginal prolapse karena memberikan beban yang lebih terhadap rahim dan organ di sekitarnya, otot penyangga rahim, misalnya.

Risiko turunnya rahim ini dapat Anda cegah dengan cara melakukan senam kegel selama masa kehamilan. Hal ini disebabkan karena gerakan-gerakan dalam senam kegel ini mampu menjaga kesehatan otot dasar panggul dan otot-otot penyangga rahim.

Karenanya, jika Anda mempunyai kekhawatiran terkena Vaginal prolapse pasca persalinan, apalagi Anda mempunyai faktor risiko seperti di atas, melakukan senam kegel menjadi sangat penting untuk Anda.

─ Mengencangkan otot vagina
Seiring dengan bertambahnya usia, apalagi pasca persalinan, tentu saja seorang wanita mengalami perubahan saat berhubungan intim. Hal ini disebabkan karena mengendornya otot-otot vagina sehingga vagina mengalami pelebaran sehingga daya cengkramnya menurun.

Karenanya, sangat mugkin hal ini memberikan kepuasan seksual yang berbeda pada suami. Apalagi pada masa pasca melahirkan ini, seorang wanita kadang kala mengalami peningkatan berat badan, tentu saja hal ini lebih mengganggu lagi.

Sudah bukan rahasia lagi, senam kegel memang sangat ampuh dalam mengatasi pengendoran otot dan pelebaran vagina ini. Dengan melakukan senam kegel, otot-otot vagina kembali dibuat kencang sehingga vagina kembali mencengkram dan memberikan kepuasan seksual yang maksimal pada sang suami.

Meskipun tidak bisa mengembalikan kondisi vagina 100%, seperti pada saat sebelum melahirkan, paling tidak senam kegel mampu membuat perubahan yang cukup posotif sehingga Anda bisa kembali memberikan kepuasan seksual pada sang suami.

Ketika ototo-otot vagina kembali kencang, tidak hanya membuat vagina kembali menyempit namun kepekaan rangsang vagina bertambah. Hal ini tentu saja tidak hanya memberikan kepuasan pada suami namun juga pada istri. Karenanya, lakukan senam kegel ini jika Anda ingin mendapatkan kepuasan seksual yang lebih ketika pasca melahirkan.

─ Berhubungan intim kurang tahan lama
Apakah Anda sering mengalami ejakulasi dini atau paling tidak merasa kurang lama durasi saat bercinta? Jika iya, salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan senam kegel. Senam kegel dapat membuat Anda bisa tahan lama saat berhubungan intim karena performa seksual Anda yang meningkat.

Seperti diketahui bahwa otot-otot dasar panggul sangat berhubungan dengan fungsi ereksi dan ejakulasi pria. Senam kegel mampu memperkuat otot-otot ini, sehingga Anda pun bisa bersenggama dengan tahan lama akibat meningkatnya fungsi seksual pada pria ini.

Selain itu, senam kegel juga bisa membantu suami mengelola ereksi dan menunda ejakulasi. Hal ini  semakin memperkuat durasi saat berhubungan intim.

─ Mencapai orgasme yang dahsyat
Senam kegel juga sangat dianjurkan bagi Anda, baik pria maupun wanita, yang merasa kurang peka rangsangan seksual sehingga kurang mendapatkan orgasme yang diinginkan dalam bercinta. Hal ini disebabkan karena senam kegel mampu meningkatkan rangsangan seksual.

Bahkan dengan senam kegel yang dilakukan secara rutin, seorang wanita bisa mendapat orgasme hanya dengan menerima rangsangan pada titik-titik tertentu. Sedangkan pada pria, akan mendapatkan orgasme yang tidak kalah dahsyat karena meningkatnya rangsangan tersebut.

─ Sedang hamil supaya lahir normal
Untuk Anda yang sedang hamil, tidak ada alasan untuk tidak melakukan senam kegel ini. Sebab, senam kegel bermanfaat untuk membantu Anda supaya bisa lahir normal. Hal ini disebabkan karena senam kegel mampu menguatkan otot panggul dan menambah elastisitasnya sehingga jalan lahirpun terbuka dengan sendirinya.

Selain itu, kondisi ini juga dapat mencegah episiotomi atau sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus atau disebut perineum. Episiotomi ini adalah sebuah prosedur persalinan yang dilakukan untuk memperbesar jalan lahir sebelum persalinan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah sobekan vagina selama melahirkan. Luka episiotomi ini kemudian dijahit atau ditutup kembali setelah bayi dan plasenta keluar.

─ Habis melahirkan dengan Episiotomy
Bagi Anda dengan persalinan episiotomi juga sangat dianjurkan untuk melakukan senam kegel ini. Sebab, senam kegel adalah senam yang mampu membantu menyembuhkan episiotomi lebih cepat.

─ Mengalami gangguan prostat
Masalah prostat, khususnya di usia lanjut, kadang kala menjadi masalah yang cukup serius. Beberapa gangguan pada prostat dapat berupa peradangan, pembesaran prostat jinak, dan kanker.

Orang dengan gangguan prostat akan mengalami beberapa gejala seperti susah buang air kecil, sering merasa ingin buang air kecil, timbul nyeri pada saat hendak buang air kecil atau, dan pendarahan.

Jika Anda merasa ada gangguan prostat, apalagi misalnya sudah dinyatakan oleh dokter, ada baiknya Anda melakukan senam kegel ini sebelum gangguan menjadi sangat serius. Gerakan-gerakan senam kegel mampu memperbaiki kelenjar prostat sehingga prostat Anda menjadi sangat terpelihara. Selain itu, senam kegel juga mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelenjar prostat ini.

Untuk Anda yang mengalami pengangkatan prostat, senam kegel menjadi hal yang sangat disarankan. Hal ini disebabkan karena  senam kegel akan membantu memperkuat otot dasar panggul kembali. Bahkan senam kegel ini juga dapat mengurangi efek samping operasi yang baru saja Anda lakukan.

─ Mengalami masalah Inkontinensia Urine
Inkontinensia Urine adalah suatu kondisi hilangnya kemampuan seseorang untuk mengontrol kandung kemih (bladder). Hal ini bisa menyebabkan ngompol atau beser (kebocoran kemih) baik ketika tertawa, bersin, dan mengalami kejadian yang mengejutkan.

Hal ini pun bukan hanya masalah usia namun orang pada masa produktif juga bisa mengalaminya. Namun demikian, persentase orang lanjut usia lebih tinggi daripada orang dengan usia produktif.

Inkontinensia Urine ini mengakibatkan melemahnya otot dasar panggul. Kondisi ini membuat aliran urin akan semakin sulit ditahan dan menjadi beser. Dan mengenai penyebabnya, inkontinensia urin bisa terjadi sebagai dampak infeksi saluran kemih, sembelit, minum obat jenis tertentu, stroke, dan prostat yang membesar.

Senam kegel mampu mengatasi Inkontinensia Urine ini dengan cara mengurangi. Hal ini karena senam kegel ini bisa menguatkan otot dasar panggul yang bisa mengontrol buang air kecil dengan baik.

─ Timbul gejala ambeien atau wasir
Gejala ambein di antaranya adalah perdarahan yang terjadi pada anus. Darah yang keluar adalah darah segar dan bisa dalam bentuk tetesan namun kadang kala juga terjadi mengalir deras. Gejala lainnya adalah timbulnya rasa seperti ada sesuatu yang mengganjal setelah buang air besar.

Kondisi ini seperti mengesankan bahwa Anda belum selesai melakukan buang air besar. Selain itu, penderita juga kerap kali merasakan gatal yang diakibatkan adanya rasa nyeri pada anus yang tidak bisa dibersihkan.

Ambeien ini sebenarnya adalah penyakit yang ditimbulkan karena melebarnya pembuluh darah (vena) di daerah dubur. Penyakit ini bisa terjadi karena kuranganya asupan serat sehingga bisa menimbulkan terjadinya konsistensi tinja yang menjadi keras. Akibatnya, pembuluh darah menjadi melar dan melebar sehingga terjadilah apa yang disebut ambeien.

Jika Anda mengalami beberapa gejala seperti di atas dan positif mengalami wasir, sebaiknya segera lakukan senam kegel. Atau bagi Anda yang tidak ingin mengalami wasir ini, sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini dengan cara melakukan senam kegel ini. Dengan melakukan senam kegel, risiko ambeien dapat dikurangi hingga 90%, hal ini disebabkan karena senam ini dapat menguatkan otot panggul yang erat kaitannya dengan dubur.

Beberapa Alasan Anda harus Melakukan Senam Kegel Saat ini Juga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment