Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Saturday, October 1, 2016

Gerakan dan Cara Melakukan Senam Kegel

Seman kegel adalah senam yang sebenarnya dirancang untuk menguatkan otot panggul, utamanya daerah otot yang berhubungan saluran kandung kemih. Senam ini dimaksudkan untuk mempermudah persalinan dan menjaga supaya tidak terjadi “ngompol” saat persalinan. Selain itu, senam kegel juga mengencangkan otot-otot pada daerah bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Sumber: indowanita.com

Senam kegel juga dikenal sebagai senam seks karena senam ini dapat menguatkan otot pubococcygeal. Karenanya, jika hubungan seksual suami istri kurang memberikan kepuasan yang disebabkan karena organ intim istri yang cengkeramannya berkurang akibat persalinan dan penuaan, sangat disarankan untuk melakukan senam kegel. Sebab senam ini mampu menguatkan otot-otot vagina dan mengembalikan elastisitanya kembali.

Ada satu teknik senam kegel yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Teknik tersebut mempunyai gerakan seolah-olah Anda sedang menahan kencing. Gerakan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh wanita namun juga pria.

Caranya adalah dengan mengencangkan dan mengontraksikan otot dasar panggul dasar panggul layaknya orang yang sedang menahgan kencing. Tahan gerakan ini kurang lebih selama 5 detik, kemudian lepas dan kendurkan kembali.

Gerakan ini dapat diulangi, setidaknya lima kali dan dilakukan secara berturut-turut. Adapun mengenai durasi menahan kencing ini, Anda sangat dianjurkan untuk bisa meningkatkannya secara bertahap setiap kali latihan, hingga 15-20 detik. Anda pun bisa melakukannya secara serial setidaknya 6 hingga 12 kali dalam tiap latihan.

Latihan senam kegel ini dapat dilakukan dengan bantuan kursi dan juga dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Karenanya, Anda bisa saja melakukan senam ini saat duduk di kursi ketika berkerja di kantor, duduk di kursi sambil nonton TV, mengendarai mobil, bahkan juga saat Anda berada di kamar kecil

1. Dasar gerakan senam kegel
Senam kegel mempunyai gerakan dasar yang harus dilakukan. Gerakan ini tentu saja berbeda dengan gerakan-gerakan lainnya sebagai variasinya. Adapun gerakan dasar dimaksud ialah sebagai berikut.



  • Posisikan tubuh telentang di atas lantai dengan posisi pundak dan kepala disanggah dengan alat bantu bantal. Posisi kedua tangan berada di samping tubuh dengan telapak tangan tertelungkup menyentuh lantai.
  • Buka kedua kaki sekitar 30 cm, tekuk lutut dengan posisi telapak kaki menyentuh lantai.
  • Rileks dan kendurkan seluruh otot kecuali otot PC (otot dasar panggul/pubococcygeus muscles).
  • Bernapaslah dengan normal dan posisi tubuh bagian bawah tetap pada posisi awal. Hindari menegangkan atau menggerakkan paha, bokong, dan otot perut selama berlatih.
  • Untuk gerakan lambat, kontraksikan otot-otot dasar panggul dengan perlahan-lahan dari gerkanan lambat hingga maksimal lalu tahan 4 detik. Lemaskan dan rileks, 4 detik, lemaskan dan relaks, 4 detik. Ulangi hal di atas sebanyak lima kali lalu tingkatkan secara bertahap hingga mencapai 10 detik.
  • Untuk gerakan cepat, kontraksikan otot PC lalu tahan selama 1 detik lalu lemaskan 1 detik. Ulangi gerakan ini selama 5 kali. Dan sebagaimana apda gerakan lambat, perbanyaklah ulangan kontraksinya secara bertahap.

2. Gerakan variasi
Tidak hanya gerakan di atas, senam kegel juga mempunyai beberapa gerakan variasi yang dapat Anda pertimbangkan. Adapun gerakan-gerakan dimaksud ialah sebagai berikut.

─ Gerakan Mountain Climber & Reverse Crunch
Ini adalah gerakan variasi yang pertama dari senam kegel. Gerakan ini sangat baik, utamanya dalam menaikkan setamina. Hal ini disebabkan gerakan ini memiliki target pada perut, pinggul, bokong, paha, dan betis. Dan adapun untuk melakukan gerakan ini ialah sebagai berikut.

  • Posisikan tubuh dalam posisi push-up
  • Tekuk lutut kanan dan tarik ke arah dada dengan posisi punggung tetap lurus. Setelah itu, kembalikan kaki kanan ke posisi semula, lalu berganti kaki kiri. Pastikan dalam melakukan latihan ini otot perut selalu dalam kondisi kencang.
  • Lakukan pergantian kaki ini dengan tempo cepat, 30 detik.

─ Gerakan Bridge Pose
Gerakan ini memberikan manfaat dalam dalam hal orgasme. Jika Anda melakukan gerakan ini, bisa dipastikan Anda akan selalu mendapatkan orgasme dalam setiap kali bercinta. Hal ini disebabkan karena gerakan ini memiki target pada perut, pinggul, otot vagina, bokong, dan paha belakang.

Semua area ini adalah bagian yang memberikan peran penting dalam masalah orgasme. Dan adapun untuk melakukan gerakan ini ialah sebagai berikut.

  • Telentangkan tubuh di atas lantai, tekuk kedua lutut, kencangkan beberapa area seperti bokong, otot perut, dan otot vagina.
  • Angkat pinggul, lakukan gerakan seperti menahan buang air kecil
  • Pelan-pelan turunkan sedikit posisi pinggul dengan memastikan bokong tidak sampai menyentuh lantai.
  • Turunkan bokong, buang napas, dan angkat kembali sambil mengencangkan otot vagina.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali

─ Gerakan lift naik turun
Gerakan ini hanya bersifat perandaian saja sehingga cenderung tidak memiliki gerakan yang berebeda dari gerakan sederhana sebagaimana telah dijelaskan di atas. Dalam hal ini, Anda dapat mengibaratkan saluran vagina (ketika berdiri) seperti tabung dengan cincin otot yang saling berhubungan.

Selanjutnya, bayangkanlah bahwa cincin tersebut menjelma jadi “lantai gedung bertingkat” dan Anda adalah orang yang sedang menggerakkan lift naik dan turun dan sebaliknya di dalam gedung tersebut.

Mula-mula Anda bayangkan sedang menaikkan lift perlahan ke lantai 2, naik ke lantai 3, lantai 4, hingga lantai 5. Pada setiap lantai, tahan 1 detik. Setelah itu, turunkan lift perlahan secara bertahap hingga lantai 1 dengan sambil istirahat sejenak pada tiap lantai. Sesampainya di lantai 1, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke basement sehingga semua otot  benar-benar lemas atau kendur.

─ Gerakan gelombang berayun
Sebagaimana gerakan lift naik turun, gerakan gelombang berayun juga gerakan membayangkah. Bahkan gerakan keduanya hampir sama, hanya caranya saja yang berbeda. Karenanya, jika pada variasi lift Anda membayangkan gerak kontraksi naik-turun, maka pada gerakan ini Anda membayangkan gerakan kontraksi berurutan yang dimulai dari arah depan ke belakang.

Dalam hal ini, gerakan diurut mulai dari lingkaran otot di skeitar saluran kemih, vagina, hingga anus. Metodenya sama, ialah dengan cara menahan gerakan, lalu lemaskan dari arah sebaliknya (belakang ke depan), dari lingkaran otot di sekitar anus, vagina, ke saluran kemih.


Gerakan dan Cara Melakukan Senam Kegel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment