Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Sunday, October 30, 2016

Metode Tepat Terapi Sakit Kepala dengan Air Putih

Sakit kepala mempunyai banyak jenis yang tentunya bisa memunculkan gejala yang berbeda-beda pula. Sakit kepala kepala sendiri dapat diartikan sebagai  suatu kondisi di mana terdapatnya rasa sakit dalam kepala.

Rasa sakit ini terkadang timbul punggung bagian atas atau di belakang leher karena adanya traksi/penarikan, perpindahan, peradangan, spasme dari pembuluh darah, atau distensi dari struktur di kepala atau leher yang sensitif terhadap rasa nyeri. Ia adalah penyakit yang sangat umum dan juga merupakan alasan paling umum untuk rujukan neurologis.


Sumber: coklatkita.com

Pada umumnya, sakit kepala biasanya menyerang dengan berbagai fariasi, mulai dari hanya sebatas nyeri yang lunak dan menyerang seluruh kepala hingga serasa seperti dentuman yang membutakan di atas salah satu telinga, sampai rasa sakit seperti tikaman ke bola mata.

Beberapa sakit kepala kadang kala disertai halusinasi visual, bau-bau khayalan yang aneh, vertigo, muntah, atau kepekaan berlebihan terhadap cahaya terang dan percakapan. Itulah sebabnya mengapa orang sakit kepala sangat sensitif terhadap lingkungan yang ramai dan kurang menyenangkan.

Jenis-jenis sakit kepala
Sakit kepala mempunyai banyak jenis sehingga gejala-gejala yang mungkin timbul berbeda satu sama lain. Dengan mengetahui gejala-gejala yang timbul, dapat membantu Anda membedakan jenis sakit kepala yang Anda derita. Di samping itu, ini juga akan membantu Anda dalam mempermudah penanganannya. Dan beberapa jenis sakit kepala dimaksud ialah sebagai berikut.

•    Sakit kepala primer
Sakit kepala primer merupakan sakit kepala yang paling umum. Jenis sakit kepala ini timbul tanpa adanya penyebab penyakit lain yang mendasarinya. Beberapa jenis sakit kepala yang termasuk dalam kategori ini ialah migrain, cluster, dan tension.

-    Migrain
Sakit kepala migrain adalah sakit kepala yang paling umum di antara sakit kepala primer lainnya. Penyebabnya belum diketahui secara pasti namun diketahui penyakit ini berkaitan dengan faktor genetik. Selain itu, migrain juga mempunyai hubungan yang erat dengan adanya hiperaktiftas impuls listrik otak yang meningkatkan aliran darah di otak.

Kondisi ini mengakibatkan terjadinya pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi sehingga menimbulkan nyeri pada otak dan beberapa gejala lain yang  menyertainya. Sedangkan berat dan tidaknya migrain yang timbul ini sangat ditentukan oleh berat dan tidaknya inflamasi.

-    Cluster
Cluster merupakan sakit kepala primer yang sangat jarang terjadi namun ini sangat menyakitkan. Sakit kepala ini lebih banyak menyerang pria daripada perempuan. Cluster adalah sakit kepala dengan nyeri yang menyerang sekitar mata atau di balik salah satu mata sehingga mata yang terkena bisa menjadi merah, meradang, dan berair.

Rasa nyeri ini akan mencapai puncaknya setelah satu jam dan setelahnya nyeri itu menghilang. Nyeri ini akan kembali menyerang sehari atau beberapa hari kemudian dan ini biasanya berlangsung selama beberapa pekan dan kemudian terhenti selama beberapa bulan.

-    Tension
Sakit kepala tension merupakan sakit kepala yang ditandai dengan kondisi kepala yang terasa tegang dan berat sehingga karenanya disebut Sakit Kepala Tegang. Tension adalah jenis sakit kepala primer yang paling umum di mana sekitar 90%, orang dewasa mengalami atau bahkan akan mengalaminya.

Penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada kepala yang menyerang bagian atas dan tersebar di seluruh bagian kepala. Rasa nyeri ini dapat digambarkan seperti kepala terasa seperti terikat kuat di sekeliling kepala, perasaan nyeri tumpul di kepala, nyeri tekan yang terjadi pada kepala, leher, dan bahu. Selain itu, rasa nyeri ini bisa dibarengi dengan hilangnya nafsu makan.

•    Sakit kepala sekunder
Sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang timbul karena beberapa penyakit yang mendasarinya. Karenanya, sakit kepala ini bukan sakit kepala biasa namun sebagai gejala dari suatu kondisi/penyakit lain yang sedang menyerang tubuh Anda.

Nyeri kepala sekunder ini memang jarang terjadi, namun harus diwaspadai karena ini adalah sakit kepala yang berbahaya. Jika ini terjadi, maka sakit kepala akan menjadi fokus awal dalam evaluasi diagnostik sakit kepala. Penegakan diagnosis etiologis pada sakit kepala ini harus segera dilakukan dan harus selalu dicari. Jika tidak, dikhawatirkan bisa terlambat sehingga kondisi ini bisa berakibat fatal. 

Cara terapi air putih


 Sumber: abiummi.com

Di sini perlu diketahui bahwa kekurangan air atau dehidrasi, termasuk salah satu dari penyebab sakit kepala. Oleh karena itu, ketika Anda banyak kekurangan cairan yang disebabkan oleh kondisi apapuN seperti diare atau muntaber atau bahkan saat Anda kepanasan, segera konsumsi air putih.

Untuk memastikan apakah kadar air dalam tubuh Anda kurang atau tidak, Anda dapat mengamati warna urine Anda. Warna urin yang keruh kuning atau oranye, menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Karenanya, minumlah dan penuhi kebutuhan tubuh Anda dari cairan ini supaya tidak mendapatkan kondisi dan penyakit yang lebih parah.

Adapun cara melakukan terapi dengan air putih ini ialah duduklah sebentar lalu perlahan minum air putih secara perlahan. Selama sakit kepala Anda belum hilang atau sembuh, disarankan untuk tidak banyak bergerak apalagi melakukan akrivitas visik. Adapun takarannya, setidaknya Anda minum 8 gelas per hari. Hal ini bertujuan agar badan Anda cukup cairan sehingga terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

Metode Tepat Terapi Sakit Kepala dengan Air Putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment