Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Thursday, October 27, 2016

Terapi Fisik Keseleo Pergelangan Kaki

Tanpa masalah yang serius, seseorang kadang kala mengalami keseleo pergelangan kaki. Hal ini kerap kali dialami oleh Anda yang suka melakukan olahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Kaki tiba-tiba mengalami keseleo yang disebabkan adanya gerakan pada kaki yang tidak normal secara tiba-tiba, entah bergerak ke sisi luar atau samping (lateral) maupun ke sisi dalam atau tengah (medial).



Meskipun termasuk ke dalam kategori cedera kecil, keseleo harus mendapatkan pengobatan atau terapi. Sebab jika tidak, keseleo bisa menjadi penyakit serius yang akan mencederai Anda untuk selamanya. Dan metode pengobatan yang dilakukan pun harus benar supaya keseleo bisa lebih cepat sembuh. Alih-alih bisa sembuh cepat, pengobatan yang keliru bisa memperparah keseleo yang diderita oleh penderita.

Ada pun terapi fisik yang bisa dilakukan untuk penderita keseleo ialah sebagai berikut.

1. Istirahatkan
Langkah pertama untuk perawatan kaki yang keseleo adalah istirahat. Jangan gunakan untuk berjalan terlebih dahulu, apalagi mengangkat beban. Sebab, semua aktivitas ini membuat kaki menjadi perih yang dapat mengganggu proses kesembuhannya. Jika Anda hendak berjalan, sebaiknya gunakan bantuan kruk.

2. Kompres dengan esKeseleo pada kaki Anda harus dikompres untuk menghindari terjadinya pembengkakan. Sekalipun Anda hendak mendatangi dokter untuk berobat, mengompres keseleo tetap sangat dianjurkan karena es dapat menjaga ligament Anda supaya tidak meradang sehingga mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Bahkan es ini juga bisa menghentikan pendarahan pada kasus keseleo yang sampai mengakibatkan ligamen robek.

Adapun cara mengompres cedera keseleo dengan es ialah es ditutup dengan menggunakan kain lalu kompres  pada bagian cedera. Tahan kompres selama kurang lebih 15 menit dan lakukan 4-8 kali dalam sehari selama 3 hari. Anda juga bisa menggunakan merendamkan kaki yang keseleo ke dalam ember yang sudah diisi dengan air es.

Saat Anda mengompres, harus ada jeda, paling tidak sekitar 30 menit. Selanjutnya pengompresan bisa dilanjutkan lagi, begitu seterusnya. Pengompresan harus dihentikan jika kaki Anda mengalami perubahan warna seperti memutih. Sebab jika tidak, dikhawatirkan terjadi cedera akibat dinginnya es. Dan bagi Anda yang menderita diabetes atau mengalami gangguan sirkulasi darah, sebaiknya jangan lakukan terapi ini kecuali atas rekomendasi dokter.

3. Balut cedera dengan kainCedera pada daerah keseleo sebaiknya diperban. Karenanya, berikan perban yang elastis dan lilitkan dari ujung kaki hingga pertengahan betis. Perban ini boleh dilepas jika bengkak pada daerah cedera sudah hilang. Namun jika jari kaki berubah menjadi biru, dingin, atau mati rasa akibat tekanan kain perban, kendurkan tali perban.

Karenanya, jangan terlalu ketat atau longgar dalam melilitkan perban tersebut. Sebab, jika terlalu ketat sirkulasi darah pada daerah kaki bisa terhambat. Begitu juga jika perban terlalu longgar, daerah cedera bisa membengkak. Sebab pada dasarnya, perban ini berfungsi untuk meminimalkan peradangan, menyangga daerah cedera, dan memberikan rasa nyaman.

Adapun untuk lamanya perban ini bergantung pada parah dan tidaknya keseleo. Jika keseleo ringan, bisa antara 1-2 hari namun jika berat bisa 2 minggu.

4. Angkat dan tinggikanAnda bisa mengangkat dan meninggikan kaki yang keseleo dengan posisi lebih tinggi dari jantung Anda sebab ini bisa membantu mengeringkan cairan yang disebabkan oleh cedera. Bahkan tindakan ini juga bisa mengurangi dan meminimalkan pembengkakan. Karenanya, gunakan bantal untuk mengganjal kaki Anda. Pilih bantal yang empuk supaya kaki lebih nyaman dan aman.

5. Berikan obat ramuan tradisionalAnda juga bisa memberikan obat tradisional untuk merawat kaki yang keseleo dengan beberapa ramuan berikut.

a. Ramuan pertama
Gunakan jahe yang sudah diparut untuk dioles pada daerah keseleo. Jahe ini berkhasiat untuk mengurangi sakit dan mengurangi pembengkakan.

b. Ramuan kedua
Gunakan air arang batok kelapa untuk mengurangi pembengkakan. Caranya adalah ambil arang batok kelapa yang masih panas lalu masukkan ke dalam segelas air hingga air menjadi panas. Selanjutnya, gunakan air yang masih hangat untuk membasuh atau mengompres bagian kaki yang keseleo. Lakukan paling tidak dua kali sehari, pagi dan sore.

c. Ramuan ketiga   
olesi daerah keseleo dengan ramuan yang terbuat dari batang serai dan kemiri. Caranya, tumbuk 2 batang serai lalu dicampur dengan 3 buah kemiri yang telah diblender dan diberikan sedikit air. Selanjutnya panaskan ramuan tersebut menggunakan api sedang hingga suam-suam kuku. Selanjutnya, balurkan pada daerah kaki yang keseleo. Adapun sisa air ramuan ini dikompreskan lalu balut dengan menggunakan kain perban supaya sari-sari ramuan ini bisa meresap ke dalam kulit. Dan jangan lupa, ganti balutan ini setiap hari.

d. Ramuan keempat
Baluri daerah keseleo dengan ramuan yang terbuat dari rimpang kencur dan beras. Caranya, rendam beras dalam air lalu gerus bersama kencur sampai lembut. Berikan sedikit air untuk mengentalkan ramuan dan supaya bisa lengket pada daerah ekseleo. Selanjutnya, oleskan dan balurkan ramuan ini pada daerah keseleo.

Jika keseleo pada kaki Anda sudah mengalami banyak kemajuan dan bengkak juga sudah berkurang, Anda harus melakukan beberapa terapi fisik lagi sebagai pemulihan. Adapun beberapa langkah terapi yang harus Anda lakukan ialah sebagai berikut.

1. Latihan pertama
Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam memulihkan keseleo ini ialah dengan cara melakukan latihan fisik dalam upaya meningkatkan mobilitas Anda. Dan latihan yang harus Anda pilih adalah latihan yang bisa membantu memulihkan ligament pergelangan kaki sebab di sinilah kunci kesembuhan Anda. Adapun beberapa latihan yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut.

  • Memutar-mutarkan kaki. Lakukan langkah untuk memutarkan kaki, menuliskan, atau melukiskan sesuatu dengan menggunakan jari-jari kaki. Latihan ini bisa meningkatkan mobilitas pergelangan kaki. Jika pergelangan kaki Anda masih bengkak, sebaiknya latihan dilakukan dengan kaki ditinggikan.
  • Duduk di atas kursi dengan posisi kaki yang cedera menempel rata pada lantai. Selanjutnya, gerakkan lutut anda dengan perlahan ke kanan dan ke kiri selama dua atau tiga menit. Dan selama Anda melakukan latihan ini, pastikan kaki dalam kondisi tetap menempel pada lantai.

2. Latihan kedua
Latihan kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan peregangan pada ligament. Peregangan ini sangat penting dilakukan karena selain supaya gerakan Anda kembali normal juga untuk menghindari bertambahnya cedera. Adapun latihan yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut.

  • Berdiri di samping dinding dengan posisi kedua tangan menempel. Letakkan kaki yang cedera satu langkah di belakang kaki yang tidak cedera. Selanjutnya, tekuk lutut kaki yang cedera dengan perlahan hingga Anda merasakan dadanya perengangan pada betis. Tahan posisi ini antara 25-30 detik dan ulangi sampai 4 kali. Dan pastikan saat melakukan gerakan ini, tumit tetap menempel pada lantai.
  • Duduk dengan kedua kaki berselonjor dengan lurus di depan Anda. Selanjutnya, bungkus kaki yang cedera dengan kain lalu tatik ke arah Anda. Tahan posisi ini 25-30 detik namun jika Anda tidak kuat, tahan sekuat Anda namun secara perlahan durasinya ditingkatkan dalam setiap harinya. Ulangi gerakan ini sampai 4 kali. Dan pastikan saat melakukan gerakan ini, pastikan lutut Anda tetap dalam kondisi lurus.

3. latihan ketiga
Jika cedera pada kaki sudah tidak begitu merasa sakit sehingga Anda bisa berdiri dengan baik, maka Anda bisa melakukan latihan ketiga ini. Latihan ini adalah latihan penguatan pada pergelangan kaki yang membantu proses penyembuhan bisa lebih cepat. Adapun latihan ini meliputi beberapa gerakan berikut ini.

  • Duduk di atas lantai dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Dorong kaki yang cedera ke arah dinding lalu tahan posisi ini kurang lebih 6 detik.
  • Duduk di atas lantai dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Dorong kaki yang cedera ke arah kaki yang tidak cedera lalu tahan posisi ini kurang lebih 6 detik.
  • Duduk di atas lantai dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Lalu letakkan kaki yang cedera di atas kaki satunya. Tekan kaki yang cedera ke bawah sementara kaki yang satunya mendorong ke atas. Lakukan gerakan ini secara perlahan dan tahan selama 6 detik.

4. latihan keempat
Latihan keempat ini hanya boleh dilakukan jika cedera akibat keseleo pada kaki Anda sudah benar-benar mengalami kemajuan. Bengkak pada kaki sudah berkurang dan sakitnya pun tidak begitu parah. Adapun latihan dimaksud ialah melakukan latihan berjalan secara langsung. Jika Anda masih belum bisa, latihan ini bisa dilakukan dengan bantuan tongkat. Adapun waktu terbaik untuk melakukan latihan ini ialah pada pagi hari.

Terapi Fisik Keseleo Pergelangan Kaki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment