Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Thursday, November 3, 2016

10 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Senam Taichi

Jika dilihat sepintas, tampaknya gerakan Taichi tidak begitu bermanfaat, utamanya terhadap kesehatan manusia. Namun siapa sangka, gerakan-gerakan Taichi yang pelan dan lembut, ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan Anda. 


senam taichi

Untuk itu, berikut ini aakan dijelaskan beberapa alasan mengapa Anda perlu melakukan senam ini.

1. Dada sesak dan tidak enak saat bernapas

 Taichi adalah gerakan yang fokus pada teknik bernapas. Hal ini membuat Taichi sangat bermanfaat Anda yang menderita asma atau paling tidak Anda yang mengalami gangguan pernapasan. Setiap kali Anda melakukan senam Taichi, Anda akan selalu melakukan olah napas sehingga bisa melatih sistem pernapasan Anda untuk bekerja lebih baik.

Senam ini tidak hanya ditujukan bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan. Anda dengan kondisi yang baik-baik saja pun sangat dianjurkan. Sebab, ada kalanya Anda tanpa sadar saat melakukan proses bernapas mengalami gangguan sehingga ogsigen yang masuk tidak maksimal. Hal ini membuat tubuh kekurangan ogsigen sehingga menyebabkan tubuh tidak bekerja dengan baik. Nah, dengan melakukan senam Taichi, proses bernapas Anda akan lebih maksimal sehingga Anda mampu menghirup ogsigen dengan lebih optimal.

2. Mudah sakit karena sistem imun yang menurun 

Gerakan dalam senam Taichi juga mempu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang biasanya kerap kali menurun sehingga menyebabkan Anda mudah terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena gerakan Taichi tidak hanya mengaktifkan tubuh bagian luar namun juga mengaktifkan organ dalam, salah satunya adalah organ limpa.

Dalam konteks ini perlu diketahui, kerja limpa semakin baik sehingga ia bisa bekerja dengan baik dalam membersihkan racun-racun dalam tubuh. Dengan kondisi ini, seluruh organ dalam tubuh pun akan menjadi lebih baik karena limpa selalu maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Gerakan dalam senam Taichi juga memberikan efek ketenangan sehingga ini bisa menurunkan stres. Ini memberikan kesempatan pada tubuh untuk lebih leluasa dalam melakukan pemulihan.

Dalam hal ini, tubuh bisa dengan baik mengganti sel-sel aus dan memperbaiki sel-sel rusak. Yang demikian ini dapat memberikan efek yang positif bagi tubuh di mana dapat membantu mempercepat proses pemulihan gangguan tubuh dan penyembuhan suatu penyakit.

3. Mengalami gangguan jantung dan otak 

Salah satu senam yang sangat rekomendasikan jika Anda mengalami gangguan jantung dan otak adalah senam Taichi. Sebab senam ini memiliki gerakan yang fokus pada pernafasan yang memiliki manfaat untuk mengalirkan ogsiger yang membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Kondisi demikian inilah yang membuat kesehatan dan aktivitas jantung dan otak menjadi terjaga.

Senam Taichi dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan kepercauyaan diri penderita gagal jantung. Bahkan senam ini juga mampu membuat penderita gagal jantung ini merasa lebih baik dan melalkukan gaya hidup yang jauh lebih aktif.

4. Lansia kurang sehat dan mudah terjatuh 

Apakah Anda masih muda atau mungkin sudah berusi lanjut? Berapapun usia anda sangat dianjurkan melakukan senam ini. Namun untuk Anda yang sudah lanjut usia dan kurang sehat sehingga mudah terjatuh, tentu saja ini sangat dianjurkan sekali. Sebab, senam Taichi ini menurunkan kejadian jatuh pada lansia. Hal ini didasarkan atas salah satu penelitian yang menemukan bahwa dengan latihan ini, lansia bisa menjadi lebih sehat dan bahkanjarang jatuh.

Selain mengurangi kejadian terjatuh, senam Taichi yang dikakukan dengan rutin juga dapat meningkatkan percaya diri pada lansia sehingga mengurangi rasa takut jatuh. Selain itu, keseimbangan pun meningkat pada lansia yang disebabkan karena gerakan-gerakan dalam senam ini pada umumnya adalah melatih keseimbangan dan koordinasi otot.

Semua ini menjadi sangat baik pada lansia sebab bisa memberikan stimulus dalam kehidupan dan kegiatan sehari-harinya yang memerlukan koordinasi otot. Karenanya, senam Taichi ini sangat penting dilakukan oleh Anda yang ternasuk lansia sebab ini bisa meningkatkan performa Anda dalam beraktivitas. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan kualitas hidup mereka dan bahkan bisa menurunkan tingkat ketergantungan mereka kepada orang lain.

5. Penderita parkinson mengalami gangguan keseimbangan 

Senam ini juga sangat baik dilakukan oleh Anda dengan gangguan keseimbangan akibat parkinson. Sebab, senam Taichi ini bisa meningkatkan koordinasi gerak pada penderita parkinson ini.

Adapun hubungan Taichi dengan gangguan parkinson ialah di mana senam berkhasiat menurunkan gangguan keseimbangan. Selain itu, senam ini juga sangat baik dan aman untuk penderita parkinson karena sejauh ini tidak ditemukan efek samping yang fatal pada penderita.


latihan senam taichi

6. Mengalami stres, kecemasan, depresi, dan gangguan mood
Senam Taichi mampu menurunkan stres. Namun efek positif terhadap psikologis tidak hanya berhenti di situ. Senam Taichi yang dilakukan dengan baik dan kontinyu, dapat menghilangkan kecemasan, depresi, dan bahkan meningkatkan mood. Hal ini disebabkan karena gerakan senam Taichi ini adalah gerakan yang dapat melatih mental.

Gerakan bernafas, bergerak, dan konsentrasi menjadi salah satu cara yang paling baik dalam mengatasi kehidupan yang keras. Selain itu, gerakan tubuh yang dikoodinasikan dengan mata dan tangan, bisa menghasilkan sebuah kehidupan lain yang disebut sebagai ketenangan.

7. Gairah seksual menurun
Gerakan dalam Taichi memuat tiga hal, gerakan lentur beraturan, konsentrasi penuh (meditasi dalam gerak), dan latihan pernapasan. Ketiga hal ini membuat tubuh mengalami relaksasi relaksasi lebih sempurna.

Kondisi di atas dapat memberikan manfaat bagi kehidupan seksual suami-istri karena dapat mengaktifkan hormon bercinta seperti endomorfin. Bahkan kondisi ini juga bisa meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf perasa sehingga meningkatkan rangsang tubuh. Karenanya, tidaklah mengherankan jika setelah Anda melakukan latihan ini, gairah bercinta Anda menjadi bertambah dan rangsangan seksual meningkat.

8. Sakit tulang belakang (bengkok/bantalan ruas tulang belakang menonjol)
Senam ini pun mampu memberikan manfaat yang sangat baik bagi tulang, utamanya masalah-masalah yant terjadi pada tulang belakang. Karenanya, jika Anda mengalami masalah dan gangguan pada tulang belakang, sangat disarankan untuk melakukan senam ini.

Gerakan-gerakan senam ini sangat efektif dalam mengatasi masalah tulang belakang seperti bengkok atau bantalan ruas tulang belakang menonjol. Adapun caranya adalah di mana latihan ini dapat membantu meluruskan kembali tulang yang bengkok dan mengembalikan bantalan ruas tulang belakang pada tempatnya.

9. Mengalami gangguan organ internal
Gerakan senam Taichi juga sangat membantu menjaga dan mengatasi gangguan organ internal. Hal ini disebabkan karena gerakan latihan ini seperti bisa memberikan stimulus pada organ-organ internal tubuh dan melepaskan seluruh hal yang membuatnya stres.

Selain itu, dengan gerakan olah napas, senam Taichi juga dapat membantu pergantian udara pada paru-paru. Bahkan gerakan-gerakan dalam senam ini juga bisa membantu kerja sistem pencernaan untuk menjadi lebih baik.

10. Manfaat lain
Selain manfaat di atas, senam Taichi yang dilakukan dengan rutin juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan tekanan darah. Karenanya, melakukan senam Taichi ini, bukan hanya organ eksternal saja yang akan menjadi lebih sehat, namun organ internal juga akan menjadi lebih baik sehingga kesehatan pun lebih terjaga.

10 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Senam Taichi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment