Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Saturday, November 12, 2016

Beberapa Alasan Anda Harus Melakukan Senam Zumba

Seman Zumba adalah senam yang mampu memberikan khasiat yang sangat besar terhadap kesehatan. Karenanya, senam ini harus Anda pertimbangkan untuk dijadikan aktivitas harian untuk mengatasi kemungkinan adanya keluhan kesehatan Anda. Apalagi jika Anda memang positif sedang menderita suatu penyakit tertentu, tentu saja olah fisik seperti senam Zumba adalah harus untuk Anda dilakukan.

Beberapa ganguan kesehatan yang mengharuskan Anda melakukan senam Zumba ini ialah sebagai berikut.


sumber: irim.org.my

Mempunyai berat badan berlebih

Bagi orang awam, mempunyai berat badan berlebih tentu bukanlah masalah serius padahal jika dilihat dari sisi medis ini termasuk ke dalam salah satu penyakit yang harus diantisipasi. Hal ini disebabkan karena obesitas ini bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit berat. Selain  itu, obesitas juga membuat hidup kurang rileks karena akan susah ketika melakukan aktivitas.

Nah, senam Zumba ini adalah cara alternatif yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Hal ini disebabkan karena gerakan ini mampu membakar kalori dengan baik. Dalam setiap latihan, seseorang yang melakukan zumba dance akan mengeluarkan keringat lebih banyak.

Jika latihan ini dilakukan selama 60 menit, gerakan ini mampu membakar sekitar 450 kalori. Sedangkan jika dilakukan selama satu jam, senam Zumba mampu membakar kalori hingga sekitar 1.000 kalori. Karenanya, untuk masalah pembakaran lemak, senam Zumba tentu saja lebih baik ketimbang olahraga lain. Sebut saja misalnya jogging yang dalam satu jamnya hanya membakar 650 kalori.

Ingin melakukan diet 

Saat Anda melakukan program diet, sangat disarankan untuk melakukan senam Zumba. Hal ini disebabkan karena senam ini mampu membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat, di mana hanya butuh beberapa minggu saja.

Tidak hanya itu, manfaat lainnya pun dapat Anda rasakan setelah selesai melakukan senam ini. Dalam hal ini, tubuh biasanya akan terasa lebih bugar dan sehat. Hal ini karena pembakaran lemak terjadi lebih cepat seperti daerah perut, paha, lengan, sehingga darah-daerah itu pun perlahan akan mengencang

Merasa tubuh begitu ngelambrek

 Jika Anda meras mempunyai tubuh kendor yang salah satunya disebabkan karena faktor usia, sebaiknya lakukan senam ini. Senam Zumba adalah senam yang dapat mengencangkan tubuh sehingga tidak ngelambrek lagi. Hal ini disebabkan karena gerakan senam ini menggerakkan lebih banyak otot.

Beberapa latihan dalam senam ini mengomposisikan gerakan kebugaran tradisional seperti squat dan lunge sehingga bisa mengencangkan otot dalam tubuh. Efek ini dapat Anda rasakan hanya dalam beberapa minggu saja setelah anda mengikuti senam zumba.

Tiak hanya tubuh menjadi lebih kencang, senam Zumba juga akan membuat Anda mempunyai tubuh lebih ramping, otot kencang, dan tentu saja badan lebih sehat.

Anda sedang tertekan dan stres

 Apakah Anda sedang ada masalah berat sehingga Anda merasa stres? Jika iya, senam Zumba adalah pilihan tepat untuk mengurahi dan bahkan mengusir stres. Hal ini dikarenakan senam ini mampu menjadi obat stres yang sangat manjur untuk Anda.

Gerakan-gerakan dalam senam Zumba dapat menurunkan kadar hormon stres dan merangsang munculnya hormon endorphin yang akan membuat Anda selalu lebih bahagia. Lebih dari itu, antioksidan dalam tubuh pun terangsang dan karenanya secara tidak langsung senam ini juga menjadi anti aging.

Senam Zumba adalah senam yang akan membuat setiap yang melaksanakannnya menjadi senang dan happy. Hal ini disebabkan karena gerakan dalam senam ini mempunyai alur tari yang mengikuti lagu-lagu tertentu, misalnya Jennifer Lopez dan Pitbull.

Lagu-lagu dan goyangan badan ini membuat pikiran Anda merasa senang karena beban seakan hilang dari pikiran. Selain itu, gerakan senam Zumba pun termasuk unik dan menantang, sehingga membuat Anda yang sedang melakukannya merasa tidak mudah putus asa.

Kurang mood

 Kadang kala Anda merasa kurang mood dalam melakukan sesuatu. Bahkan hilangnya mood ini juga bisa terjadi dalam skala besar, sulit dan enggan melakukan apapun. Senam Zumba mampu mengembalikan mood anda, karena dapat membuat anda melupakan masalah anda untuk sementara waktu.

Selain itu, tarian ini juga tidak membosankan, anda akan lebih fokus bergoyang, badan akan lebih berkeringat, waktu 1 jam pun tidak akan terasa lelah. Anda juga akan bertemu dengan orang-orang baru, membuat anda merasa eksis di tengah masyarakat.

Pernapasan kurang kuat

 Normal dan kurangnya napas Anda, sangat berkaitan erat dengan kondisi paru-paru. Ada kalanya, pernapasan Anda menjadi kurang normal, hal ini disebabkan karena paru-paru Anda sedang mengalami masalah. Senam Zumba adalah senam yang mampu memperbaiki dan menjaga kesehatan paru-paru sehingga Anda bisa bernapas lebih baik.

Manfaat ini tentu saja tidak bisa Anda rasakan langsung seusai melakukan latihan namun dibutuhkan waktu yang relatif lama. Perlahan dengan semakin rutinnya Anda melakukan latihan, kondisi paru-paru akan semakin membaik.

Senam zumba menombinasikan antara olahraga dan menari yang sangat penting untuk kesehatan paru-paru. Selain itu, senam Zumba juga dapat melancarkan aliran darah dan mengatur ritme pernafasan dan karenanya seiring berjalannya waktu pernafasan Anda akan membaik.

Tensi meningkat

 Jika Anda mempunyai atau baru mengalami tekanan darah tinggi, sebaiknya lakukan senam Zumba. Senam ini sangat direkomendasikan karena gerakan-gerakan dala senam ini mampu memperlancara aliran darah. Akibatnya, tekanan darah Anda bisa kembali normal, sebagaimana sebelum-sebelumnya.

Khawatir risiko osteoporosis 

Anda juga bisa melakukan senam Zumba ini untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini disebabkan karena gerakan dalam senam Zumba ini berkonsentrasi dalam membentuk bagian-bagian tubuh yang sangat penting untuk ketahanan tulang.

Karenanya, gerakan Zumba ini mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang belakang (seperti  otot punggung, bokong, perut, dan kaki bagian atas), pantat, perut, dan kaki.

Selain itu, gerakan senam Zumba yang dilakukan dengan cara melompat atau berputar, juga meningkatkan massa otot sehingga bisa meningkatkan kesehatan tulang.
 

Pikiran kurang fokus 
Jika Anda sedang kurang fokus, sebaiknya segera ditangani dengan baik. Sebab, meskipun ini sepeertinya hal yang spele, namun ini bisa memperburuk kondisi Anda. Karenanya, lakukan senam Zumba ini sebab senam ini mampu meningkatkan fokus Anda yang hilang. Hal ini disebabkan gerakan senam ini yang dikombinasikan dengan berbagai tarian, membuat setiap pelakunya harus fokus pada setiap gerakan. Kondisi ini memberikan stimulus pada pikiran Anda untuk selalu fokus.

Stamina menurun, menyehatkan jantung, dan melancarkan peredaran darah

 Setelah bekerja seharian, apalagi sampai lembur, hal ini tentu saja menguras stamina Anda. Mau tidak mau Anda akan merasa lemas dan capek sehingga Anda butuh waktu untuk mengembalikan stamina Anda. Kadang kala untuk mengembalikan stamina yang hilang ini tidak cukup hanya dengan istirahat yang cukup, namun membutuhkan terapi.

Dalam konteks ini, senam Zumba adalah jenis senam yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Sebab seperti senam lainnya, gerakan senam Zumba juga bisa meningkatkan stamina dan bahkan juga ketahanan tubuh. 


Selain itu, gerakan senam Zumba banyak memberikan latihan fisik sehingga bisa memacu detak jantung lebih baik. Bahkan senam ini juga mampu meningkarkan sirkulasi darah dan bahkan ogsigen dalam tubuh.

Beberapa Alasan Anda Harus Melakukan Senam Zumba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment