Tips Kesehatan | Resep Tradisional

Tuesday, November 8, 2016

Ini Dia Tahapan-tahapan Senam Ritmik yang Harus Anda Ketahui

Senam ritmik adalah senam di mana gerakannya dilakukan dengan iringan musik. Setiap gerakan dalam senam ini akan menghasilkan suatu rangkaian gerakan indah sesuai dengan irama musik pengiringnya. 


sumber: 500px.com

Senam ini bisa dilakukan tanpa alat. Namun bagi Anda yang ingin menggunakannya tidak menjadi soal. Sebab, senam ini memang bisa dilakukan dengan alat dan juga bisa tanpa alat. Beberapa alat biasanya dipegang seperti bola, topi, gada, pita, tongkat, dan lain sebagainya.

Senam yang juga disebut sebagai senam irama ini adalah senam yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni untuk membina dan meningkatkan seni gerak.

Secara prinsip, gerakan senam ini dengan senam lainnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Hanya saja, pada senam ritmik ini terdapat irama (ritme). Karenanya, senam ini memberikan tekanan pada tiga hal, seperti ketepatan irama/musik, kelentukan tubuh atau fleksibilitas, dan kontinuitas gerakan.

Senam ritmik menuntut badan aktif semua, mulai dari kepala, lengan, hingga kaki. Gerakan-gerakan anggota tubuh ini selaras dengan irama yang mengiringinya. Karenanya, dalam melakukan senam ini, dibutuhkan kelenturan, keluwesan, keseimbangan, fleksibilitas, kontinuitas, dan ketepatan.

Semua di atas bertujuan untuk memberikan kemudahan saat Anda melakukan gerakan-gerakan senam ritmik ini yang indah, seperti halnya gerakan melipat tubuh. Selain itu, melakukan senam ini juga membutuhkan keserasian dan ketepatan dalam setiap ketukan iramanya.

Senam ini sejatinya terdiri dari gerakan-gerakan yang tidak boleh terputus. Rangkaian gerakan pada senam ritmik ini harus dilakukan secara sambung-menyambung yang terdiri dari beberapa sumber seperti, teater, musik, tarian balet, dan lain sebagainya.

Selain itu, gerakan senam ritmik ini juga terdiri dari rangkaian gerak ayunan pergelangan kaki serta ayunan gerak tangan.

Karena senam ritmik mengunakan musik dan irama, maka sebelum melakukan latihan senam ritmik ini, Anda perlu menguasai teknik gerakan-gerakannya. Hal ini supaya Anda bisa mencapai gerakan yang serasi sehingga berbagai manfaat dapat Anda peroleh, baik bagi fisik maupun pikiran. Sebab, senam ritmik ini memang mempunyai manfaat membentuk tubuh menjadi lebih indah, menjaga kebugaran, dan kekuatan.

Senam ritmik adalah senam yang dalam pelaksanaannya terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap pemanasan, tahap gerakan inti, dan gerakan pendinginan.

Gerakan pemanasan 

Gerakan pemanasan meliputi beberapa gerakan ringan seperti menggelengkan kepala ke kanan dan kiri dan jalan ditempat. Gerakan pemanasan ini sangat penting dilakukan sebab ini merupakan gerakan awal yang akan mempersiapkan kondsi tubuh Anda supaya lebih siap untuk melakukan gerakan-serakan selanjutnya sebagai gerakan inti.

Dengan gerakan pemanasan ini, Anda tidak hanya akan siap secara psikologis namun juga secara fisik. Sebab dengan melakukan gerakan ini, otot-otot tubuh dan persendian yang kaku akan hilang. Bahkan gerakan pemanasan ini juga bisa meningkatkan suhu tubuh.

Gerakan inti
Gerakan inti adalah gerakan utama dari senam ritmik. Gerakan-gerakan dalam senam ini terdiri dari banyak gerakan seperti melompat, memutar badan, dan lain sebagaiya.

Gerakan pendinginan 

Gerakan pendinginan ini juga sangat penting dilakukan sebab ini adalah sebuah gerakan yang berusaha menurunkan dan mendinginkan kondisi tubuh, melenturkan otot-otot tubuh, dan mengatur pernafasan.

Gerakan pendinginan dalam senam ritmik meliputi beberapa gerakan, misalnya gerakan mengangkat dan menurunkan kedua tangan secara perlahan-lahan.

Ini Dia Tahapan-tahapan Senam Ritmik yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sehat-itu-mudah

0 comments:

Post a Comment